Deklarasi Libatkan FKUB dan MUI Masyarakat Sumedang Tolak ISIS

by -20 views

Deklarasi Libatkan FKUB dan MUI Masyarakat Sumedang Tolak ISIS

Jatinangorku.com – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang sepakat dan menandatangani deklarasi penolakan serta pelarangan Islamic State of Iraq dan Syria (ISIS) di Kab. Sumedang. Acara dilakukan di Gedung Negara, Kamis (14/8).

Sebelum penandata­nga­nan, deklarasi dibacakan Ketua FKUB Kab. Sume­dang, Dr. H. Syamsul Fa­lah, M.Ag. dan Ketua MUI Kab. Sumedang, Drs. K.H. Adam Malik Ibrohim atas nama seluruh komponen masyarakat Sume­dang.

Selain Bupati, deklarasi ditandatangani pula oleh Kapolres AKBP Yully Kurniawan, S.I.K., Kajari Sumedang Dwi Harto, S.H., M.H., Letkol Inf. Dandim 0610 F.X. Sri Wellyanto, dan Ketua Pengadilan Negeri Ari Widodo, S.H.

Poin pertama yang di­nyatakan dalam deklarasi tersebut adalah menolak tegas ISIS di wilayah Kab. Sumedang, karena bertentangan dengan dasar negara Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. Kedua, sepakat tidak mendukung berkembangnya kelompok ISIS di wilayah Kab. Sumedang. Ketiga, melarang setiap kegiatan yang berhubungan dengan ISIS. Keempat, bersedia memberikan pengertian kepada masyarakat agar tidak terlibat dan ikut dalam kegiatan ISIS, serta sanggup menjadi garda terdepan dalam menangkal setiap perge­rakan atau ativitas ISIS di wilayah Kab. Sumedang. Kelima, bersedia menciptakan situasi yang kondusif demi kemajuan Kab. Sumedang dan keutuhan NKRI, yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Waspada

Menurut Bupati, paham ISIS yang sangat radikal, sebenarnya sangat bertentangan dengan Islam yang rahmatan lilalamin dan dapat merusak persaudaraan, baik sesama umat Islam, umat manusia maupun sesama bangsa. “Jangan sampai paham ini berkembang subur di wilayah kita dengan berbagai modus dan motif jaringannya dalam merekrut putra putri bangsa,” kata Bupati Ade Irawan.

Bupati berpesan agar masyarakat waspada dan jangan sampai terprovokasi atau terpancing isu dan ajakan untuk masuk ISIS dengan alasan agama. “Tingkatkan peran serta masyarakat dalam melaksanakan sistem keamanan lingkungan. Segera laporkan apabila ada gerakan-gerakan yang mencurigakan dan meresahkan keamanan dan ketertiban masyarakat,” imbuhnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/