Dekranasda Jabar Tetapkan 9 Merchandise Resmi PON

by -44 views

 

Dewan Kerajinan Nasional Daerah Jawa Barat menetapkan sembilan produk unggulan Usaha Kecil Menengah di Jabar sebagai merchandise resmi Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016.

“Merchandise itu diproduksi dari sejumlah daerah di Jawa Barat yang produknya telah teruji di pasaran,” kata Ketua Dekranasda Jabar Netty Heryawan di Bekasi, Kamis (4/8/2016).

Barang-barang tersebut masing-masing tas, topi, kaos, gantungan kunci, kipas tangan, plakat, boneka, cangkir, dan tempelan kulkas.

Semua produk itu didesain sesuai ikon PON XIX/2016. Di antaranya kujang karya mahasiswi Institut Seni Indonesia Yogyakarta dan maskot Surili karya seorang karyawan swasta asal Kota Bandung.

Dikatakan Netty, produk boneka didatangkan dari UKM asal Bekasi, gantungan kunci dari Bogor, kaos dari Kabupaten Bandung, kain kipas dari Tasikmalaya, dan sejumlah produk kayu dari Sukabumi.

Dikatakan Netty, pemasaran produk tersebut dalam agenda PON diharapkan dapat memperluas pangsa pasar dan promosi produk UKM di Jabar ke level nasional dan internasional.

“PON kali ini diharapkan bisa menjadi triger untuk pemasaran produk UKM Jabar,” katanya.

Proses seleksi terhadap merchandise PON tersebut merupakan proses panjang dipilih pihaknya secara ketat. Meski begitu, dia mengatakan, produk UKM lainnya yang tidak jadi ikon PON tetap bisa dipamerkan di sejumlah stand pameran PON yang tersebar di setiap vanue di Jabar.

“Konsep ekonomi kerakyatan harus jelas dan koperasi juga harus terlibat dalam kegiatan PON untuk memamerkan produk UKM unggulan Jabar,” katanya