Dewan, “Hentikan Proyek Apartement Skyland”

by -260 views



JATINANGOR (GM) – Pengelola Apartemen Skyland di Jatinangor, dinilai tidak menghormati aturan. Meskipun belum mengantongi izin, namun pengelola nekat melakukan pembangunan konstruksi.

Penilaian di antaranya disampaikan anggota Komisi D DPRD Kab. Sumedang, Ermi Triaji. Bahkan, Ermi meminta pengelola Skyland agar segera menghentikan proses pembangunan sampai mengantongi izin.

“Saya mengimbau instansi terkait untuk bersikap tegas dalam menetapkan aturan dan bekerja sesuai regulasi. Jangan sampai pembangunan apartemen ini menimbulkan dampak sosial dan lingkungan. Karenanya, hentikan dulu proyek pembangunan Apartemen Skyland sebelum dilakukan peninjauan kembali secara komprehensif, sesuai dengan regulasi yang berlaku,” ujarnya kepada wartawan di Jatinangor, Jumat (20/7).

Ermi mengatakan, untuk kepentingan apartemen, pihak Skyland akan membuat delapan sumur artesis. “Jika izin dikeluarkan asal-asalan, ia khawatir akan berdampak buruk terhadap lingkungan sekitar. Belum lagi masalah kemacetan mungkin akan timbul. Sekali lagi, saya minta semua instansi terkait harus tegas dalam menjalankan tugasnya masing-masing dan jangan takut Sumedang akan kehilangan investor,” katanya.

Sementara itu, Kasi Penyidik Pol PP Kab. Sumedang, Yudhi Prasetyo mengatakan, di Sumedang, soal perizinan ini terus menjadi polemik. Pasalnya, tidak terbangun koordinasi. Instansi di Sumedang cenderung gengsi untuk melapor pelanggaran perda ke Pol PP.

“Soal ini lagi, ini lagi. Saya sudah sering berkoordinasi, mulai dari aparatur desa hingga dinas-dinas terkait di Sumedang, untuk tidak segan-segan melaporkan segala bentuk pelanggaran perda. Sepertinya, masalah ini terkait gengsi para penguasa, seakan semuanya jadi bupati. Inilah yang terjadi di Sumedang,” ujarnya.

Bila terus tanpa koordinasi seperti ini, lanjut Yudhi, Pol PP yang disalahkan. Ke depan, Yudhi berharap agar instansi terkait, mulai dari aparatur pemerintahan desa hingga dinas terkait di Sumedang tidak segan berkoordinasi dan melaporkan segala bentuk pelanggaran perda.

“Mungkin dari dinas-dinas ini segan melapor karena pangkat Pol PP lebih rendah dari jabatan mereka. Inilah kelemahannya. Karenanya, ke depan saya berharap kita bersama-sama mengawasi sehingga segala bentuk pelanggaran perda bisa diminimalisasi. Soal Apartemen Skyland, dalam waktu dekat Pol PP akan lidik ke lokasi,” katanya.

sumber : klik-galamedia