Dewan Minta Polisi Serius Tangani Miras

by -47 views

Dewan Minta Polisi Serius Tangani Miras

Jatinangorku.com – Banyaknya nyawa yang melayang akibat minuman keras (miras) oplosan di Kec. Cicalengka, Kab. Bandung, sejak 1-16 Agustu­­­s 2013 lalu, membuat anggota DPRD Kab. Bandung, H. Cecep Suhendar prihatian.

“Pemkab Bandung dan dinas terkait harus segera mengambil langkah-strategis untuk meminimalisasi peredaran miras. Banyaknya korban akibat miras, termasuk 4 warga Cicalengka harus jadi perhatian serius Pemkab Bandung dan dinas terkait. Saya menduga miras oplosan dan minuman ber­alkohol serta obat-obatan terlarang masih bebas di pasaran,”kata Cecep kepada “GM” di Cicalengka, Senin (19/8).

Menurutnya, perlu ada langkah secepatnya untuk mencegah meluasnya peredaran miras oplosan dan obat-obatan berbahaya. “Saya khawatir, peredaran miras menyebar ke daerah-daerah lainnya. Sehingga diperlukan lang­kah-langkah antisipatif untuk mencegah kejadian serupa,” katanya.

Dikatakan Cecep, pencegahan bisa dengan operasi lapangan Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan Satuan Polisi Pamong Praja.

“Dinas Kesehatan harus memberikan rekomendasi kepada warung, toko obat atau apotek yang menjual obat jenis tertentu atau Dextro agar tidak sembarangan menjualnya. Apalagi jika di luar batas kewajaran,” katanya.

Sama halnya yang dikatakan Ketua LSM Pang­lawungan Kisunda Kab. Bandung, Lukman Nulhakim. Menurutnya, sejumlah pihak harus sama-sama sigap. “Terutama juga pemuka agama, yang harus memberikan pencerahan dan pembinaan kepada masyarakat. Selain itu, pihak sekolah juga harus melakukan hal yang sama. Jangan sampai peredaran miras oplosan terus terjadi di wilayah Cicalengka,” kata Lukman.

Menurutnya, belasan warga yang tewas akibat miras oplosan di Kec. Cicalengka sudah menjadi persoalan serius. “Semua pihak harus sama-sama mencegah peredaran miras,” katanya.

Sementara itu, Polsek Cicalengka bersama ga­bungan lembaga swadaya masyarakat (LSM), organisasi masyarakat, dan tokoh masyarakat/pemuda di Kec. Cicalengka, Kab. Bandung menggelar razia miras oplosan dan sejenis, Jumat (16/8) lalu.

Razia kali ini menyasar warung-warung dan kios yang diduga menjual miras oplosan. Dalam operasi itu, petugas menyita puluhan jeriken tuak, puluhan botol miras berbagai jenis dan merek siap edar, serta miras oplosan jenis ginseng kemasan plastik. Ra­zia dipimpin Kapolsek Cicalengka, Kompol H. Kusnadi didampingi Kanit Reskrim, AKP Iwan Kusma­wan.

Sumber : http://klik-galamedia.com