Dewan Siap Bantu Realisasikan Danau Lembang

by -26 views

Dewan Siap Bantu Realisasikan Danau Lembang

Jatinangorku.com – Anggota DPRD Kab. Bandung, H. Daud Burha­nudin siap memfasilitasi dan membantu para pemilik lahan yang terkena pembebasan untuk pembangunan Danau Lembang. Danau buanatan ini akan dibangun pada lahan seluas 400 hektare yang meliputi Kec. Cikancung, Rancaekek, Solokanjeruk, dan Kec. Paseh, Kab. Bandung.”Lahan ratusan hektare yang akan terkena pembangunan Danau Lembang itu, tidak akan dengan begitu saja dibebaskan. Tetapi ada ganti untung,” katanya kepada “GM” di Rancaekek, Rabu (4/9).

Menurut Daud, untuk mengganti lahan tersebut, pemerintah sudah menyiapkan ribuan hektare lahan tegalan di Kawasan Cijapati, Kec. Cikancung. Lahan tersebut dinilai sangat produktif untuk sayur dan palawija.

“Ribuan hektare lahan yang ada di Cijapati itu, bisa dibeli warga untuk mengganti lahan sawah yang terkena pembangunan danau buatan tersebut,” katanya.

Setelah penggantian itu, para pemilik bisa kembali mengolah lahan. Namun ada perbedaan dalam aktivitas dan pengolahannya. Semula mereka memanfaatkan lahan sawah, meski sudah bertahun-tahun tidak produktif karena sering terendam banjir.

“Jika ada penggantian lahan tegalan, para petani atau pemilik lahan bisa mengolah lahan pertanian itu untuk berbagai jenis sayuran, palawija atau lainnya. Saya pikir penggantian lahan tegalan itu positif. Daripada tetap memiliki lahan sawah yang tidak produktif, lebih baik dibebaskan dengan ada pengganti lahan tegalan supaya bisa produktif,” tuturnya.

Daud mengatakan, sebenarnya pembangunan Danau Lembang sudah lama diwacanakan. Bah­kan, warga setempat juga sudah mengusulkan kepada pemerintah untuk membangun danau di kawasan Lembang tersebut. “Kita juga khawatir jika usulan warga kurang disikapi pemerintah, mereka bisa demo. Sebelum mereka melakukan aksi, lebih baik pihak-pihak terkait segera menyikapinya, termasuk merealisasikan pembangunan danau tersebut,” harapnya.

Sumber : http://klik-galamedia.com