Dewan Sumedang akan Ajukan Anggaran untuk Perbaikan Saung Budaya Sumedang

by -71 views

Dewan Sumedang akan Ajukan Anggaran untuk Perbaikan Saung Budaya SumedangDewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumedang akan berusaha mengajukan anggaran bantuan untuk perbaikan Saung Budaya Sumedang (Sabusu) yang berada di Jalan Ir. Soekarno, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Ketua DPRD Kabupaten Sumedang, Irwansyah Putra mengatakan, kondisi fisik Sabusu yang merupakan satu-satunya tempat pelestarian seni dan budaya Sunda, khususnya Sumedang masih belum layak. Banyak, kata dia, sarana yang harus diperbaiki mau pun dilengkapi.

“Sabusu ini satu-satunya bangunan dan tempat pelestarian budaya Sunda. Tapi kondisi fisiknya belum layak. Masih harus banyak perbaikan dan penambahan sarana,” ujar Irwansyah kepada Tribun via sambungan telepon, Senin (8/5).

Irwansyah menambahkan, jika Sabusu tak dioptimalkan dari segi kelayakan tempat dan sarananya maka aktivitas pelestarian seni dsn budaya akan terganggu. Sehingga, kata dia, akan menghambat dan membuat niat seniman dan budayawan yang tadinya menggebu-gebu untuk terus melakukan pelestarian menjadi loyo.

“Itu kan tempatnya, bahkan pusatnya di Sumedang. Harus diperbaiki, kalau tidak ya akan menghambat. Apalagi kan semangat untuk pelestarian itu harus ada penunjangnya,” kata Irwansyah.