Di Desa Bojong, Masih Ada Keluarga Memiliki 8-9 Anak

by -49 views

Di Desa Bojong, Masih Ada Keluarga Memiliki 8-9 Anak

Jatinangorku.com – Kepala Desa Bojong, Kec. Nagreg, Kab. Bandung, Asep Dedih Wahyudin mengatakan, di wilayahnya masih ada kepala keluarga yang memiliki 8-9 anak. Namun masih bisa dihitung dengan jari karena umumnya kepala keluarga di desa tersebut memiliki 2-3 anak.

“Untuk menekan angka kelahiran di Desa Bojong Bojong, program Keluarga Berencana (KB) kini menjadi salah satu program prioritas perangkat desa. Untuk mewujudkannya, Selasa (24/9), sejumlah penggerak KB di tingkat kecamatan, desa, dan kader membahas program KB tersebut. Pertemuan tersebut untuk menggali potensi dan mencari kendala dalam memujudkan program KB dalam menekan angka kelahiran di di Desa Bojong,” kata Kepala Desa Bojong, Asep Dedih Wahyudin kepada “GM” di Desa Bojong, Selasa kemarin.

Menurut Asep, program KB dinilai cukup sukses semasa pemerintahan Orde Baru, termasuk di Desa Bojong, ketimbang di zaman reformasi.

“Tidak salahnya kita kembali mengulang kesuksesan program KB zaman Orde Baru untuk ditanamkan kembali di zaman sekarang ini. Kalau programnya KB-nya bagus di zaman pemerintahan lalu, kenapa tidak untuk ditiru dan dilaksanakan di zaman reformasi ini,” katanya.

Pada zaman dulu, kata Asep, untuk menyukseskan program KB itu, pemerintah mendatangi rumah-rumah penduduk dengan sasaran keluarga yang anaknya lebih dari dua orang. Cara itu dinilai efektif dan diterima masyarakat.

“Namun saat ini, program KB selain melalui pelayanan kesehatan setempat, juga dalam pelaksanaannya yaitu dengan cara sendiri-sendiri mendatangi tempat pelayanan KB. Dengan cara mandiri, bisa dikatakan bagus. Apalagi kalau program KB dilaksanakan seperti masa pemerintahan Orde Baru, kan enggak ada salahnya,” katanya.

Menurutnya, di samping menerapkan program KB, dalam pertemuan itu juga disosialisasikan program kesehatan bayi dan ibu menyusui maupun ibu hamil, serta menekan angka kematian bayi.

Sementara itu, Camat Nagreg, Entang Kunia, S.E. mendukung program KB di Desa Bojong sebagai prioritas. “Kita sangat mendukung program KB jadi prioritas Pemerintah Desa Bojong,” kata Entang.

Menurutnya, bukan hanya di Desa Bojong, desa lainnya di Kec. Nagreg tetap fokus menjalankan program KB yang merupakan program nasional. “Program KB harus didukung semua pihak, termasuk masyarakat, untuk menekan angka kelahiran,” kata Entang.

Sumber : http://klik-galamedia.com