Di Halaman Kantor Kec. Jatinangor Bangunan Komersial Diduga Tanpa Izin

by -70 views

Di Halaman Kantor Kec. Jatinangor Bangunan Komersial Diduga Tanpa Izin

Jatinangorku.com – Warga mempertanyakan berdirinya bangunan komersial di halaman kantor Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Bangunan yang kini digunakan aktivitas berdagang oleh PKL tersebut dikabarkan milik pejabat di lingkungan Pemkab Sumedang.

“Statusnya memang tidak jelas, apakah aset kecamatan atau perorangan. Kabarnya bangunan itu milik keuarga pejabat di pemkab,” kata Ketua Dewan Kesenian Jatinangor (DKJ), Ade Santana kepada wartawan di Jatinangor, Kamis (15/8).

Menurut Ade, bangunan berukuran 10 x 30 meter itu juga diduga kuat tidak memiliki izin. Bahkan berdiri sudah cukup lama. Selain digunakan untuk berdagang, sebagian ruangannya digunakan untuk kantor koperasi, juga memiliki toilet umum.

“Pedagang di sana mengaku menyewa tempat untuk berjualan di sana,” katanya.

Lokasinya yang berada di halaman kantor Kecamatan Jatinangor, memang membuat keberadaan bangunan komersial tersebut sangat ironis. Padahal warga berharap segala sesuatunya harus didasarkan pada aturan.

“Salah besar kalau seseorang bisa bebas membangun tanpa melalui proses perizinan,” katanya.

Data lama

Menanggapi persoalan itu, Camat Jatinangor, Asep Aan Dahlan melalui Kasi Trantib, Cepi April Iskandar mengaku sedang melakukan pendataan bangunan PKL, khususnya di Jatinangor.

Menurutnya, saat ini tercatat ada sekitar 37 bangunan PKL berdiri di kawasan pendidikan itu. Sementara bangunan PKL yang ada di kawasan kantor Kec. Jatinangor seluruhnya tercatat ada 11.

“Itu data lama, saya baru beberapa bulan menjabat di sini (Jatinangor, red). Untuk mengetahui status bangunan dan lahan milik PKL itu, kami akan berkoordinasi dengan Pemdes Hegarmanah,” ujarnya.

Saat disingung pedagang di lokasi tersebut menyewa tempat, Cepi menegaskan pihaknya tidak mengetahui pasti hal tersebut. “Sewa kepada siapa? Nah, justru itu masih dalam pendataan. Yang pasti, saya fokus dulu sosialisasi terkait keamanan, ketertiban, dan keindahan (K3),” jelasnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/