Di Jabar Penderita HIV/AIDS Capai 4.154 Orang

by -59 views
Jpeg

Kasus HIV/AIDS di Jawa Barat cukup tinggi. Bahkan data tahun 2015, terdapat 4.154 penderita HIV/AIDS yang menyebar di Kab/Kota di Jabar.

“Tidak ada kota/Kabupaten di Jawa Barat yang luput dari penderita HIV/AIDS. Bahkan ibukota provinsi paling banyak penderitanya,” ujar Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan saat membuka acara kampanye peduli HIV/AIDS pada nelayan dan masyarakat Sukabumi, Rabu (16/11/2016).

Melihat fakta ini, lanjut Aher sapaan Ahmad Heriyawan, saat ini harus jadi momentun untuk meningkatkan keimanan serta menjauhi hal-hal yang beresiko terkena HIV/AIDS.

“Mari kita cegah agar tidak terkena HIV/AIDS. Jangan sampai ada penderita baru lagi,” katanya.

Selaku masyarakat harus bisa memotivasi agar Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) bisa terus berjuang hidup hingga tidak ada diskriminasi. “Kita jangan sampai terkena, dan mendorong ODHA agar tetap hidup dan terus beriman kepada Allah,” ungkapnya.

Aher juga mendukung dengan adanya Nelayan Peduli AIDS di Kabupaten Sukabumi. Di mana nelayan tersebut bisa membantu dalam mengurangi jumlah penderita HIV/AIDS dan mengedukasi para nelayan lainnya. “Saya suka deklarasi para nelayan peduli AIDS ini. Bahkan para nelayan ini berjanji untuk tidak merokok, menggunakan alkohol, narkoba, dan berhubungan seks selain dengan pasangannya,” terangnya.

Sementara Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono mengatakan, pembentukan nelayan ini menambah masyarakat dalam mencegah peningkatan HIV/AIDS di Kabupaten Sukabumi. Sampai saat ini sudah beberapa relawan peduli AIDS. “Di Kabupaten Sukabumi ini ada relawan peduli AIDS, ustad peduli AIDS, Media peduli AIDS, pekerja peduli AIDS, pelajar peduli AIDS, dan sekarang nelayan peduli AIDS,” pungkasnya