Di Jatinangor Harga Bawang Merah Naik 40 Persen, Ternyata Ini Penyebabnya

by -20 views

Di Jatinangor Harga Bawang Merah Naik 40 Persen, Ternyata Ini PenyebabnyaJelang bulan ramadan, harga bawang merah dan bawang putih di Pasar Resik Jatinangor, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang mulai merangkak naik. Kenaikan harga bawang merah dan bawang putih mencapai 40 persen dari harga sebelumnya.

Engkus Citra Kusmana (45) salah seorang pedagang sayuran mengatakan, kenaikan harga sejumlah sayuran menjelang ramadan memang sudah biasa terjadi. Meski demikian, kenaikan harga yang terlihat mencolok adalah bawang merah dan bawang putih.

“Memang kalau menjelang bulan ramadan harga sayuran atau komoditas selalu mengalami kenaikan. Tapi yang menonjol saat ini baru bawang putih dan bawang merah. Kenaikannya sampai 40 persen,” ujar Engkus kepada Tribun di Pasar Resik Jatinangor, Rabu (10/5/2017).

Menurut Engkus, harga bawang putih saat ini mencapai 60 ribu per kilogramnya. Padahal sebelumnya hanya dikisaran harga Rp 40 ribu perkilogramnya.

“Kalau bawang merah sekilonya Rp 50 ribu. Sebelumnya cuma Rp 30 ribu per kilogramnya,” kata dia.

Menurut Engkus, kenaikan harga bawang putih dan bawang merah tersebut sudah terjadi sejak seminggu terakhir. Namun, kenaikan kedua komoditas tersebut tidak serta merta langsung meninggi. Kedua komoditas tersebut mengalami kenaikan harga secara bertahap.

“Enggak langsung tinggi segitu. Tapi pelan-pelan naiknya. Sebenernya dari sebulan lalu saja sudah naik Rp 5.000. Nah sekarang mungkin sudah mulai dekat bulan ramadan jadi naiknya agak tinggi,” kata dia