Di Pileg, Foto Caleg Ditiadakan

by -11 views

Di Pileg, Foto Caleg Ditiadakan

Jatinangorku.com – Sejumlah calon anggota legislatif (caleg) dari Daerah Pemilihan (Dapil) 1 atau Jatinangor dan Cimanggung menyesalkan jika caleg pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 mendatang ditiadakan. Setiap calon hanya melampirkan nama dan nomor urut sesuai daftar calon tetap di KPU.

Salah seorang caleg dari Partai Gerindra, Deden Dhony mengatakan, jika KPU tidak memasang foto caleg jelas akan menyulitkan para pemilih untuk menentukan pilihan. Sebab, para pemilih tidak mengetahui secara persis wajah caleg yang akan dipilihnya seperti apa. Juga dihawatirkan terjadi kesalahan memilih karena nama caleg yang sama dari dua partai yang berbeda.

“Ada kabar kalau foto caleg tidak akan dipasang di surat suara. Jelas jika benar tentu akan merugikan kami. Termasuk pemilih akan kesulitan karena dalam surat suara hanya ada lambang dan nama partai,” kata Deden.

Sementara itu, salah seorang pemerhati politik dari Jatinangor, M. Hasanudin mengatakan, jika foto caleg tidak dimunculkan pada surat suara Pileg 2014 nanti jelas menyalahi aturan. Sebab UU No. 8/2012 tentang Tata Cara Pemilihan Umum anggota DPR, DPD, dan DPRD pasal 143 Bab 9 ayat 2 huruf b menyebutkan, calon harus memuat pasfoto terbaru dan nama calon untuk setiap daerah pemilihan.

“Jika tidak ada fotonya, jelas melanggar aturan. Para caleg harus meminta keterangan kepada penyelenggara pemilu setempat. Sebab, akan merugikan mereka saat pencoblosan nanti,” ujarnya.

Sumber : http://klik-galamedia.com