Di Sumedang Ada 26 Titik Rawan Longsor

by -150 views

Jatinangorku.com – Sedikitnya terdapat 26 titik daerah rawan longsor yang tersebar disejumlah ruas jalan yang berada di wilayah Kabupaten Sumedang .

Meliputi ruas jalan Ciherang-Simpang 6 titik, Citali-Rancakalong 4 titik, Sumedang-Subang 6 titik, Sumedang-Wado 6 titik, Wado-Cibugel 2 titik dan Darmaraja-Cibugel 2 titik.

“Setiap musim hujan, dijalur tersebut sering terjadi longsor. Untuk itu, kami terus melakukan berbagai antisipasi, akan terjadinya bencana longsor di wilayah tersebut,” kata Bupati Sumedang H.Ade Irawan, kepada galamedianews.com, Senin (15/12/2014).

Menurutnya tebing yang berada di jalur tersebut sering terjadi longsor akibat struktur tanah yang labil.

“Pada musim kemarau struktur tanah diwilayah tersebut retak-retak. Sehingga ketika terjadi musim hujan, air cileuncang yang masuk ke dalam celah retakan berpotensi menjadi penyebab longsor,” ujarnya.

Selanjutnya di jalur Ciherang-Simpang, 6 titik longsor itu berada di kawasan Cadas Pangeran. Lokasi rawan longsor di kawasan Cadas Pangeran lanjut Bupati, memiliki karakteristrik berbeda dengan lokasi lainya. Pasalnya longsor yang terjadi di kawasan itu, tidak mengenal musim.

“Pada saat kemarau juga, longsor di kawasan Cadas Pangeran kerap terjadi walau skalanya kecil,” paparnya.

Sumber : http://www.galamedianews.com/