Di Sumedang, Gas 3 kg Langka

by -70 views

Di Sumedang, Gas 3 kg Langka

Jatinangorku.com – Semakin sulitnya memperoleh gas ukuran 3 kilogram di sejumlah tempat di Kab. Sumedang dalam dua pekan terakhir mulai dikeluhkan warga. Bahkan keluhan juga dilontarkan pengecer, karena jatah yang didapatnya juga jauh dari kebutuhan.

“Kalau normal, saya dapat rata-rata 10 sampai 15 tabung per hari. Tapi sekarang ada penurunan pasuka barang dari distributor. Sudah berlangsung dua pekan, saya hanya dapat 5 tabung per hari, bahkan kini cuma 3 tabung per hari,” ujar Aisah, seorang pengecer gas di wilayah Desa Rancamulya, Kec. Sumedang Utara, Minggu (17/8).

Meski terjadi penurunan pasokan, namun untuk harga tidak mengalami kenaikan, baik dari distributor pada pengecer maupun dari pengecer pada konsumen. “Saya beli dari pemasok Rp 15.000/tabung, lalu dijual lagi Rp 17.000/tabung. Tetapi jika sewaktu-waktu harga dari pemasok naik, saya juga nantinya akan ikut menyesuaikan,” sambung Aisah.

Sementara itu, sejumlah ibu rumah tangga mengaku kecewa atas terjadinya kelangkaan gas 3 kilogram di tempatnya. Sebab meski harganya tidak naik, namun mereka terpaksa haru mengeluarkan biaya tambahan untuk mencari ke tempat lain. “Minimal saya harus menyuruh anak atau minta jasa tukang ojek untuk membeli gas 3 kg di tempat lain. Jadi jika dihitung-hitung, kalau beli di tempat lain, harganya bisa Rp 25.000/kg, karena bayar uang jasa,” kata Yanti (31), seorang ibu rumah tangga.

Pengecer dan konsumen menduga kelangkaan tersebut akibat adanya kebocoran dalam pendistribusian. Dari yang seharusnya ke pengecer atau konsumen rumah tangga, namun dialihkan ke industri. “Ya, ini aneh juga. Biasanya jika terjadi kelangkaan, pasti dibarengi kenaikan harga. Tapi ini kan tidak, harga tetap stabil,” katanya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/