Di Sumedang, Stok Ayam Aman, Stok Sapi Terganggu

by -83 views

Di Sumedang, Stok Ayam Aman, Stok Sapi Terganggu

Jatinangorku.com – Pedagang ayam potong di Sumedang tidak merasakan adanya kekurangan stok dari distributor atau produsen yang juga peternak ayam potong.

Meski mereka sebelumnya sempat khawatir dengan kekurangan stok jualannya mengingat sebulan lagi menyambut bulan puasa. Namun peternak ayam pun meyakinkan jika persediaannya tidak kehabisan hingga jelang lebaran nanti.

“Sampai saat ini stok ayam potong normal. Karena peternak ayam juga meyakinkan bahwa ayam tidak kehabisan, bahkan hingga persediaan lebaran nanti,” kata Epong Sopiah (45), pedagang ayam di pasar Sumedang, Jumat (23/5/2014).

Tahun lalu, jelang bulan puasa, sejumlah komoditas dagang dan sembako memang langka. Ulah curang produsen atau penyedia yang menimbun barang dagangan ini menjadi penyebabnya, termasuk peternak ayam. Namun, jumlah peternak ayam kini semakin banyak sehingga tidak ada alasan lagi untuk menimbun barang dagangannya.

Kepala UPTD Wilayah Kota Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sumedang drh Mursjid Abdullah membenarkan jika stok ayam di Sumedang tidak menurun alias dalam keadaan normal.

“Stoknya normal, tidak ada keluhana apapun,” ujar Mursjid.

Alasannya, jumlah peternak ayam skala besar ini tumbuh pesat di Sumedang, sehingga stok ayam terus bertambah. Jika pun ada kematian besar pada ayam peternak akibat cuaca, hanya harganya saja yang naik. Namun tidak lama, stok ayam sudah normal kembali karena perusahaan ayam skala besar ini sangat cepat menggemukkan dan menelurkan anak ayam.

Mursjid menambahkan, di Sumedang kini malah kekurangan stok daging sapi karena sistem pasar sapi potong tidak jelas yaitu sering terkendala masuk ke mekanisme pasar sapi di Sumedang.

Sumber : http://www.inilahkoran.com/