Di Wilayah Timur Pohon “Sekarat” Ditebang

by -20 views

Di Wilayah Timur Pohon “Sekarat” Ditebang

Jatinangorku.com – Sejumlah pohon “sekarat” yang rawan tumbang di sejumlah titik di wilayah timur Kab. Bandung dan sekitarnya akhirnya ditebang. Penebangan dilakukan di jalan provinsi dan Jalan Raya Bandung-Garut yang merupakan jalan nasional.

Berdasarkan pemantauan “GM”, Senin (16/9), petugas yang melakukan penebangan merupakan gabungan petugas Satker Pemeliharaan Jalan Nasional Kementerian PU dan Dinas Bina Marga Jabar. Dengan menggunakan satu unit mobil alat penebang, mereka menyusuri jalan provinsi dan nasional.

Selain menebang pohon yang sudah mati, mereka juga memangkas ranting-ranting pohon yang bisa mengancam keselamatan pengguna jalan. Seperti yang dilakukan di Jalan Raya Cinunuk dan Jalan Raya Bandung-Garut antara Cileunyi-Cipacing-Rancaekek-Parakanmuncang.

“Penebangan sejumlah pohon rawan tumbang dan pemangkasan ranting-ranting pohon dimulai hari ini (Senin 16/9). Entah kapan selesainya. Yang pasti, penebangan pohon yang rawan tumbang di wilayah timur dimulai dari Cileunyi menuju Cipacing-Rancaekek dan Parakanmuncang,” kata Wawan (40), salah seorang petugas usai menebang salah satu hohon rawan tumbang di Jalan Raya Cinunuk.

Menurut Wawan, penebangan pohon rawan tumbang dan pemangkasan ranting pohon tersebut atas perintah atasannya. “Jika hasil pemantauan ada pohon yang rawan tumbang dan membahayakan keselamatan, langsung kita tebang. Namun ada juga pohon yang ranting-rantingnya membahayakan kita pangkas,” kata Wawan.

Seperti yang dilakukan sejumlah petugas di Jalan Raya Bandung-Garut, selain menebang beberapa pohon tumbang, mereka juga memangkas ranting-ranting pohon.

Langkah positif

Sementara itu, H. Dudin Komarudin Salim, masyarakat Desa Cimekar, Kec. Cileunyi menyambut positif langkah aparat yang telah turun tangan untuk menebang pohon rawan tumbang di wilayah timur, khususnya di Jalan Raya Cinunuk.

“Saya mengapresiasi langkah aparat yang telah menebang dan memangkas ranting pohon yang rawan tumbang. Karena jika dibiarkan bisa mengancam keselamatan pejalan kaki, pengendara mobil dan motor. Buktinya, beberapa waktu lalu, pohon yang tumbang di Jalan Raya Cinunuk menewaskan seorang pengendara motor,” kata Dudin.

Sebelumnya, enam batang pohon rawan tumbang di Jalan Raya Cinunuk, Kec. Cileunyi, tepatnya di depan kantor UPTD Balai Kemetrologian Bandung, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar ditebang. Keenam pohon itu ditebang setelah Camat Cileunyi mengirim surat ke kantor UPTD Balai Kemetrologian.

Sumber : http://klik-galamedia.com