Dibanding Skype, Harga Nokia Lebih Murah

by -9 views

Dibanding Skype, Harga Nokia Lebih Murah

Jatinangorku.com – CEO Microsoft Steve Ballmer dan CEO Nokia Stephen Elop menyatakan kepuasannya setelah dua perusahaan itu sepakat berada dalam satu atap. Microsoft membeli Nokia dengan harga US$ 7,2 milar atau Rp 80,3 triliun pada Senin lalu. Kesepakatan itu dicapai setelah keduanya melakukan 50 kali pertemuan.

Benarkah nilai tersebut harga yang pantas untuk ponsel sejuta umat itu? Sejumlah akusisi oleh Microsoft maupun Google sebelumnya ternyata mencatatkan nilai yang jauh lebih besar.

Harga Skype, misalnya, lebih mahal dari Nokia yang telah berdiri sejak 1871. Padahal usia Skype saat diakuisisi Mei 2011 masih beberapa tahun. Saat itu Microsoft harus merogoh kocek hingga US$ 8,5 miliar. Pembelian itu untuk memperkuat layanan komunikasi internet berbasis video dan suara dari Microsoft yang selama ini lemah.

Nilai tersebut terhitung akuisisi terbesar Microsoft dalam 20 tahun terakhir. Akuisisi termahal sebelumnya terjadi ketika Microsoft membeli perusahaan marketing digital aQuantive pada 2007 senilai US$ 6 miliar.

Jika dibandingkan dengan pembelian Motorola oleh Google, nilai Nokia masih belum seberapa. Padahal saat dibeli Google sedang terpuruk, berbeda dengan Nokia yang performanya tengah menanjak. Google membeli Motorola sebesar USD 12,5 miliar.

Namun nilai pembelian Nokia lebih tinggi dari pembelian Instagram oleh Facebook yang cuma mencapai US$ 1 miliar. Hanya saja Instagram memang baru berusia dua tahun saat dibeli.

Darren Hayes, seorang profesor ilmu komputer dari Pace University di New York mengatakan pembelian Nokia itu belum menjadi jaminan Microsoft akan mampu mengubah ponsel Nokia menjadi senjata yang lebih efektif dalam pertempuran mobile computing dunia. Ia meragukan kemampuan Microsoft, apalagi Balmer akan mundur dari CEO pada tahun depan.

“Ini perlombaan tiga kuda. Microsoft harus datang dengan rencana yang lebih terdefinisi untuk mengejar ketertinggalan mereka,” kata Hayes.

Sumber : http://id.berita.yahoo.com