Diduga Menggelapkan Uang Majikannya Penunggu Kos Ditangkap

by -24 views

Jatinangorku.com – Terlibat kasus penggelapan uang, YS (30), warga Dusun Citalahap, Desa Cihaurkuning, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, ditangka Unit Reserse Kriminalitas (Reskrim) Polsek Jatinangor, Senin (1/9).

Tersangka diduga menggelapkan uang milik Tri Muyaningsih, pemilik rumah sewa M2 di Dusun Setramanah, Desa Hegarmanah, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Kapolsek Jatinangor, Kompol Roedy de Vries menjelaskan, tersangka merupakan orang yang dipercaya Tri untuk menjaga sekaligus memungut uang kos dari para penghuni.

“Total uang korban yang digelapkan mencapai Rp 200 juta. Uang sewa kosan yang dibayarkan mahasiswa tidak diberikan oleh tersangka kepada korban,” kata Roedy kepada wartawan di Mapolsek Jatinangor, Jln. Ir Soekarno, Senin (2/9).

Roedy menuturkan, kamar kos milik Tri berjumlah 35 kamar. Masing-masing kamar dikontrakkan Rp 7 juta per tahun. Akan tetapi sejumlah uang yang dititipkan mahasiswa pada YS tidak diberikan kepada Tri. Oleh karena itu, sang pemilik kosan yang bekerja sebagai pegawai negeri di Kejaksaan Agung itu melaporkan perbuatan YS ke Polsek Jatinangor.

“Penggelapannya selama satu tahun. Menurut pengakuan korban, total uang yang digelapkan hanya Rp 79 juta, tapi setelah diselidiki, mahasiswa yang sudah bayar kosan cukup banyak dan diperkirakan akan mencapai Rp 200 juta,” ujarnya.

Menurut pengakuan pemilik kosan, lanjut Roedy, sebelumnya tersangka pun pernah melakukan hal yang sama, namun Tri masih memaafkannya. Tetapi, tambahnya, perbuatan YS tidak berubah sehingga untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, YS diperkarakan.

Sedangkan berdasarkan pengakuan tersangka YS kepada penyidik, imbuh Roedy, uang yang digelapkannya sudah habis dipergunakan untuk berfoya-foya.

“Setelah ada laporan dari pemilik, kami langsung mendatangi lokasi dan menangkap tersangka,” ucapnya.

Akibat tindak pidana yang dilakukannya, tersangka dijerat dengan pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman penjara maksimal 4 tahun.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/