Digoyang Demo, Pabrik Kebingungan

by -56 views

Digoyang Demo, Pabrik Kebingungan

Jatinangorku.com – Pengelola pabrik gorden PT Luhantex di Jalan Raya Rancaekek-Majalaya, Desa/Kec. Solokanjeruk, Kab. Bandung saat ini kebingungan. Selain rugi ratusan juta rupiah menyusul demo para buruh, mereka juga khawatir aksi perusakan akan kembali terulang. 

PT Luhantex mempekerjakan 277 buruh yang habis masa kerjanya pada 31 Juli lalu. Para buruh ini lalu berunjuk rasa dan terakhir pada Selasa (16/9) lalu. Dalam aksinya mereka bergabung dengan buruh lainnya di luar perusahaan.

Para buruh menuntut pembayaran tunjangan hari raya (THR) sesuai besaran Upah Minimum Kabupaten (UMK) Bandung yaitu Rp 1.338.333. Namun pihak pengusaha hanya mampu membayarkan THR sebesar Rp 575.000. 

Konsultan sekaligus Bagian Pembinaan Karyawan PT Luhantex, Agus Wawan mengatakan, dampak unjuk rasa yang terus berulang, bahkan hingga mogok bekerja, operasional perusahaan berhenti total sejak Juli lalu. 

“Meski bulan Juli itu mereka kembali bekerja, tapi hanya beberapa hari. Selain kerugian materi hingga ratusan juta rupiah dan kerusakan benteng serta pos satpam, kami juga kehilangan pelanggan,” katanya kepada “GM”, Rabu (18/9).

Menurutnya, perusahaan hanya akan beroperasi jika ada jaminan keamanan dari aparat setempat maupun pihak lainnya. Apalagi sejak perselisihan terjadi yaitu sebelum Lebaran hingga Senin kemarin, sudah dua kali benteng pabrik dirusak massa.

“Perusakan yang diduga dilakukan sejumlah warga itu, sedikitnya sudah tiga kali terjadi. Untuk itu, jika perusahaan kembali beroperasi dan mempekerjakan para buruh, dikhawatirkan perusakan kembali terulang. Selain itu para mantan buruh itu pun jika ingin kembali bekerja harus mengajukan lamaran dan siap menjadi tenaga lepas,” katanya.

Sumber : http://klik-galamedia.com/