Diisukan Negatif, Perajin Senapan Jatinangor Masih Produktif

by -36 views

Jatinangorku.com – Meski tak mendapat hibah dana dari pemerintah dan belakangan ini sering disorot karena adanya perajin senapan api ilegal, kerajinan senapan angin Jatinangor masih dapat diproduksi dan dijual dengan lancar serta hasil yang baik.

Koperasi Bina Karya sebagai penaung aktivitas perajin senapan api Jatinangor mencatat, ada ratusan hingga ribuan senapan angin yang bisa terjual dalam sebulan.

Saat ini ada 127 perajin yang masih aktif yang tersebar di beberapa desa di kawasan tersebut dengan masing-masing memproduksi 50-60 unit sebulan.

“Perajin tersebut ada di Desa Cikeruh, Desa Cipacing, Desa Sayang, Desa Jatiroke, Desa Jatimukti, Desa Cileles, dan satu dari kawasan Kabupaten Bandung, Desa Cimanggu,” ujar Idih, selaku Kepala Koperasi Bina Karya.

Dia yang dari Desa Cikeruh juga mengaku, desanya merupakan wilayah dengan perajin senapan angin paling banyak, 64 kelompok.

Idih sendiri saat ini memiliki 5 pegawai, memproduksi sekitar 60 senapan sebulan, dengan keuntungan kira-kira RP100.000 per pucuk.

Harga yang dijual beragam tergantung jenisnya, seperti senapan pompa sekitar Rp150.000-900.000 per unit, senapan jenis per Rp350.000-800.000, dan senapan PCP Rp900.000-6juta.

Sumber : http://bandung.bisnis.com/