Dikampanyekan Mahasiswa Unpad Jatinangor Tanpa Plastik

by -47 views

Dikampanyekan Mahasiswa Unpad Jatinangor Tanpa Plastik

Jatinangorku.com – Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) bekerja sama dengan Indonesia Diet Kantong Plastik dan Badan Pengelola Lingkungan Hidup Jawa Barat menggelar acara Jatinangor Tanpa Plastik (Japlas).

Acara yang akan dilaksanaan, Sabtu (31/5) ini merupakan upaya mendorong mahasiswa untuk berkontribusi aktif, dan menarik partisispasi masyarakat Jatinangor dalam mengurangi penggunaan plastik. Juga menumbuhkan rasa tanggung jawab membantu merawat lingkungan sekitar.

“Kian hari, plastik kian mewabah dan menjadi salah satu penyumbang pencemaran lingkungan. Ini berdampak besar terhadap kerusakan lingkungan,” kata kepala divisi humas acara, Christin Vivian melalui rilis yang diterima “GM”, Jumat (30/5).

Karena itu, kampanye penanganan limbah plastik secara bijak perlu terus dilakukan setiap unsur masyarakat, pemerintah, dan para relawan. 

Menurut Vivian, menghadapi hidup yang serbaplastik perlu ditumbuhkan kesadaran setiap individu bahwa plastik adalah salah satu dari sekian banyak limbah yang mencemari lingkungan.

“Berbeda dengan sampah lainnya, plastik merupakan limbah yang tidak dapat diurai oleh organisme dalam tanah. Sehingga penanganannya harus dilaksanakan secara khusus dan penuh kesadaran. Lambat laun ekosistem akan rusak, tanah juga akan rusak,” jelasnya.

Pre-even Japlas

Acara yang diusung oleh mahasiswa Hubungan Kemasyarakatan (Humas) A Fikom Unpad angkatan 2011 ini menjadi salah satu rangkaian acara pre-even Japlas. 

“Japlas Rush merupakan permainan yang menggabungkan konsep amazing race dan running man,” katanya.

Selain konsepnya yang menarik, kata Vivian, Japlas Rush akan menyentuh aspek kognitif, afektif, dan konatif peserta mengenai plastik dan bahaya plastik bagi kelangsungan Bumi.

“Peserta akan ditantang mulai dari start line dan menempuh empat pos sampai di garis akhir,” ujarnya.

Rangkaian acara meliputi long march, Propaganda Bom Plastik, Japlas Photo Competition, dan Japlas Rush dalam pre-even, Inspiring Session, dan Creative Workshop dalam even utama. Selanjutnya akan diselenggarakan pula Bank Plastik pasca-even yang digelar di kawasan Unpad. Acara sendiri berlangsung sejak 14 April 2014 hingga 9 Juni 2014.

Melihat antusiasme peserta yang cukup tinggi, penyelenggara membagi mereka menjadi 15 kelompok yang akan bertanding di Japlas Rush. Even digelar di kampus Unpad Jatinangor.

Ditambahkan, para peserta akan diperkenalkan pada bahaya plastik dengan menyentuh aspek kognitif, afektif, dan konatif.

“Kami mengharapkan mahasiswa sasaran kami, antara lain mahasiswa dari Unpad, IPDN, ITB, dan Ikopin yang bertempat di Jatinangor turut berpartisipasi aktif dalam Jatinangor Tanpa Plastik ini,” jelasnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/