Dikelola Pemprov, 2017 Kepsek SMA/SMK di Jabar Dilarang Merokok

by -30 views
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan akan memberlakukan larangan merokok bagi para kepala sekolah dalam persiapan kewenangan alih kelola SMA/SMK dari Kabupaten Kota ke Pemerintah Provinsi. Pihaknya tidak akan segan segan memberikan sanksi tegas terhadap kepala sekolah SMA/SMK yang melanggar.
“Kepala sekolah tentu harus memberikan contoh yang baik kepada anak didiknya, maka kita tegaskan sepatutnya kepala sekolah tidak merokok, nanti kita tegaskan larangan merokok itu,” jelas Heryawan kepada wartawan, Jumat (4/11/2016).
Dia mengatakan larangan merokok bagi kepala sekolah tersebut merupakan hal yang sangat penting. Sebab saat ini masih banyak kepala sekolah yang masih merokok, dan hal itu menjadi contoh buruk bagi murid-muridnya.
“Kepala sekolah kan harus memberikan keteladanan yang baik, kalau merokok dan ditiru sama muridnya nanti gimana,” katanya.
Oleh karenanya, dia melanjutkan, untuk bisa memberikan pendidikan yang optimal terhadap para pelajar, khususnya SMA/SMK maka pihaknya akan membuat aturan tersebut. Namun, saat ini pihaknya belum bisa menerapkan aturan tersebut karena kewenanganya masih ada di pemerintah kabupaten kota.
“Kalau sekarang sifatnya masih imbauan, tapi nanti setelah tahun 2017 maka aturan larangan merokok tersebut akan berlaku. Bahkan kita tidak akan segan segan memberikan sanksi berat bagi kepala sekolah yang merokok. Ya jaminannya jabatannya,” katanya.
Lebih lanjut Aher mengatakan, sebetulnya pemerintah provinsi Jawa Barat sudah memberlakukan larangan merokok terhadap PNS yang ada di lingkungan pemerintah Provinsi Jawa Barat.
“Kita harus menghadirkan moralitas dan contoh keteladan, di pemprov sudah ada pergub melarang meorok di lingkungan kantor kantor milik provinsi, tentu ke depan kita ingin di kabupaten kota pun seperti itu termasuk di kantor kantor swasta untuk menghadirkan kenyamanan bekerja. Tapi kalau di luar kantor atau di luar kawasan bebas merokok ya silahkan,” katanya.