Dikeluhkan Pasien, Layanan RSUD Sumedang Berubah

by -77 views

Dikeluhkan Pasien, Layanan RSUD Sumedang Berubah

Jatinangorku.com – RSUD Sumedang akan mengubah jam dan cara pelayanannya terkait diberlakukannya Jaminan Kesehatan Nasional dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Semua perubahan diberlakukan untuk meningkatkan dan mendukung program jaminan semesta ini. Pasalnya, selama ini sebagian pasien mengeluhkan layanan yang diberikan rumah sakit milik pemerintah tersebut.

Humas RSUD Sumedang, Iman Budiman mengatakan, salah satunya adalah dengan penambahan jam layanan selama satu jam, meski hari pelayanan berkurang menjadi lima hari.

“Perubahan ini diberlakukan untuk mengoptimalkan pelayanan karena dengan enam hari pelayanan justru lebih tidak efektif,” ujar Iman, Rabu (19/2/2014).

Tak hanya itu, pihaknya kini menyediakan apotek satu atap. Hal ini, kata dia, untuk memudahkan pasien.

“Untuk penyediaan obat, jadi RSUD akan menyediakan apotek satu atap. Apotek akan ada di setiap lantai dan pengambilan obat hanya dilajukan di satu atap meski ada obat yang tidak tersedia,” kata Iman.

Saat ini, kata dia, pemberian obat dalam program JKN dilakukan untuk lima hari. Hal ini karena paket obat yang diberikan BPJS hanya untuk lima hari.

Dia mengakui ketentuan ini masih menjadi keluhan bagi pasien karena harus bolak-balik ke rumah sakit. Semula, pemberian obat dilakukan untuk satu bulan bagi pasien peserta jaminan baik askes maupun jamskesmas.

“Sekarang obat diberikan untuk lima hari tapi mulai Maret nanti akan ada perubahan, obat akan diberikan untuk satu bulan,” kata Iman yang tetap berupaya untuk mengatur pelayanan rumah sakit agar tetap mendukung JKN dan BPJS

Sumber : http://www.inilahkoran.com/