Diklaim Milik Seorang Warga Lahan Skyland City Bermasalah

by -53 views

Diklaim Milik Seorang Warga Lahan Skyland City Bermasalah

Jatinangorku.com – Seorang warga mengklaim lahan yang kini digunakan apartemen Skyland City di Desa Hegarmanah, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, merupakan tanah milik orangtuanya. Ia mengaku sebagai ahli waris dari P yang sebelumnya disebut-sebut sebagai pemilik lahan tersebut.

Ketika dikonfirmasi, Camat Jatinangor, Asep Aan Dahlan, melalui Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban (Kasi Tramtib), Cepi April Iskandar membenarkan klaim tersebut.

Pemerintah Kecamatan Jatinangor dan Badan Pertanahan Nasional (BPN), baru-baru ini telah menggelar audiensi di kantor Desa Hegarmanah untuk meluruskan permasalahan.

“Upaya mencari kepastian, kami sarankan agar ahli waris dari P itu menyertakan bukti-bukti kepemilikannya. Ternyata menurut sebagian berkas (peta lahan) yang mereka miliki, tanah tersebut tidak berada di atas bangunan Skyland City,” kata Cepi.

Didampingi Sekretaris Camat Jatinangor, Dase Suheryana, Cepi mengatakan, setelah dicek ternyata lahan yang diklaim itu berada jauh dari bangunan apartemen.

Cepi mengaku menghormati siapa pun yang membutuhkan pelayanan di Kecamatan Jatinangor. Apalagi persoalan status kepemilikan lahan. Tentu saja menjadi prioritasnya untuk segera mendapatkan solusi.

“Audiensi di kantor Desa Hegarmanah itu untuk kepastian dan kebenarannya. Kalau dibiarkan nantinya malah jadi simpang siur,” ujarnya.

Kesimpulan dari audiensi tersebut, pihak yang mengaku pemilik lahan harus segera menunjukkan dan membawa alat bukti resmi.

“Kami arahkan yang bersangkutan membawa beberapa bukti kepemilikan lahan yang diklaim itu,” katanya.

Persoalan ini selanjutnya ditangani pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kab. Sumedang. Sedangkan kecamatan hanya membantu memfasilitasi.

“Kami akan memberikan layanan yang terbaik untuk siapa pun dan apa pun bentuk pengaduan dan laporan masyarakat Jatinangor,” pungkasnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/