Diminta Damai dengan The Jak, Bobotoh Minta Waktu

by -58 views
Diminta Damai dengan The Jak, Bobotoh Minta Waktu
Diminta Damai dengan The Jak, Bobotoh Minta Waktu

Diminta Damai dengan The Jak, Bobotoh Minta Waktu

Jatinangorku.com – Sejumlah pentolan kelompok suporter Persib meminta waktu untuk bisa berdamai dengan kelompok suporter Persija atau biasa disebut The Jakmania. Selain terburu-buru, perdamaian juga jangan sebatas seremoni atau ikrar.

Dirigen Viking Persib Fans Club Yana Umar mengatakan, perdamaian bobotoh Persib dan The Jakmania memerlukan waktu panjang. Pihaknya tidak menginginkan kejadian damai malah berakhir keributan kembali akibat kurangnya sosialisasi.

“Kalau damai, hayu-hayu wae. Tetapi prosesnya tidak bisa sekarang. Enggak bisa langsung ketemu, lalu damai. Dulu pernah damai, tetapi ribut lagi. Mereka juga tidak mau,” ucap Yana di Mapolda Jabar Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung, Selasa (4/3/2014).

Seperti Yana, perwakilan Viking lainnya Agus menyatakan, perdamaian bobotoh dan The Jak masih mungkin terjadi. Tetapi perdamaian harus diawali dari arus awah.

“Saat ini Viking punya anggota yang resmi terdaftar sebanyak 20 ribu. Saya jamin mereka bisa menjaga keamanan. Namun perlu diingat, banyak bobotoh berbaju Viking dengan jumlah lebih dari 40 ribu. Ini yang kami khawatirkan,” jelasnya.

Hal senada diucapkan Ketua Umum Bomber Asep Abdul. Pihaknya belum bisa mengambil keputusan soal perdamaian antara bobotoh dan The Jakmania. Dia justru mengkhawatirkan perdamaian tersebut memancing kisruh sesama bobotoh.

“Perlu waktu. Kami dari pengurus perlu menyampaikan persoalan ini kepada anggota, pengurus wilayah, dan grass root. Kami bisa, eh ternyata anggota menolak. Justru khawatir terjadi kisruh di antara kami,” tandasnya.

Polda Jabar mengumpulkan pentolan bobotoh untuk membicarakan rencana perdamaian dengan The Jakmania di aula Herman Sudjanadiwirya Mapolda Jabar. Upaya tersebut untuk menyelesaikan permusuhan klasik sambil menyelamatkan pertandingan kedua tim yang sempat tertunda.

Dalam pertemuan itu, hadir perwakilan bobotoh dari Viking, Bomber, Panpel Persib, dan PT Persib Bandung Bermartabat. Sementara dari Polda Jabar diwakili Dir Binmas Kombes Pol Erwin Chahara Rusmana dan Di Intelkam Kombes Pol Faruk.

Menurut Erwin, perdamaian diantara suporter sangat penting sebagai modal awal melaksanakan pertandingan Persib vs Persija. Upaya yang sama dilakukan pula oleh Polda Metro Jaya yang mengumpulkan pentolan The Jakmania.

“Pertemuan terdahulu kurang hasil, tetapi tidak boleh pesimis. Kita harus optimistis perdamaian ini bisa terwujud. Kami berharap permusuhan ini bisa berbalik menjadi persahabatan,” ucap Erwin Chahara Rusmana.

Di tempat yang sama, Komisaris PT PBB Kuswara S Taryono mengapresiasi pandangan bobotoh. Pihaknya juga mengapresiasi Polda Jabar yang menginisiasi upaya perdamaian bobotoh dan The Jakmania.

“Kami akan komunikasikan antara manajemen dan komunitas bobotoh. Mungkin pertemuannya Jumat ini. Kami harus menyelami rasa batin yang paling dalam di komunitas bobotoh. Perlu mencari jalan terbaik sehingga supoter Persib dan Persija sama-sama nyaman,” tegasnya

Sumber : http://www.inilahkoran.com/