Dinas PU Sumedang Tingkatkan Pengawasan Jalan

by -85 views

Dinas PU Sumedang Tingkatkan Pengawasan Jalan

Jatinangorku.com – Dinas Pekerjaan Umum tak mau mendapatkan nilai buruk lagi akibat fungsi pengawasan yang lemah sehingga menyebabkan kualitas jalan dan infrastruktur lainnya buruk.

Dinas ini pun melatih puluhan pegawainya agar lebih mapan menggerakkan fungsi pengawasan pekerjaan fisik.

“Kami menyadari kondisi buruknya infrastruktur itu tidak terlepas dari lemahnya fungsi pengawasan dari PU, jadi sekarang kami melatih pegawai di bidang pengawasan jelang dimulainya pembangunan fisik dari APBD Sumedang,” kata Kabid Cipta Karya Deni Rifdriana, Rabu (14/5/2014).

Deni mengatakan, pelaksanaan pengawasan harus optimal untuk mengantisipasi persoalan yang akan terjadi di lapangan. Pengawas harus proaktif dan melaporkan kemajuan fisik serta memberikan solusi apabila ditemukan kendala.

“Bila pekerjaan kurang optimal dan tidak sesuai RAB, maka dalam pemeriksaan yang akan kena batunya adalah pengawas, perencana, pejabat pelaksana teknis dan pejabat pembuat komitmen. Termasuk di dalamnya direksi di perusahaan,” jelas Deni.

Deni tidak menampik, bila sampai saat ini masih terdapat pengawas yang suka main-main dengan pengusaha rekanan. Akibatnya kualitas pekerjaan menjadi buruk.

Sementara di pucuk pimpinan dinas ini, Sujatmoko sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum menyebutkan, faktor yang membuat kondisi jalan rusak sangat banyak. Namun, jangan sampai faktor yang paling disoroti itu adalah lemahnya fungsi pengawasan dari Dinas PU.

“Jalan jadi rusak berat itu kan banyak, seperti tonase berlebih dan sebagainya. Tapi kami tidak ingin selalu Dinas PU yang disoroti sebagai penyebabnya. Makanya kami perkuat dan perbaiki dulu apa-apa yang menjadi tanggung jawab kami, jika jalan masih rusak berarti harus dicari tahu apa penyebabnya,” tandas Sujatmoko

Sumber : http://www.inilahkoran.com/