Dinkes Pastikan RSUD Segera Terealisasi

by -77 views

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang Retno memastikan di wilayah barat Sumedang atau sekitar perbatasan Jatinangor dan Tanjungsari akan dibangun rumah sakit. Namun, pembangunan rumah sakit itu hingga sekarang belum terealisasikan.

Meskipun begitu, pihak Dinkes Sumedang optimis pembangunan dangan anggaran APBN itu bisa terlaksanakan dengan baik. Terutama, untuk mengkaper beberapa puskesmas yang ada di wilayah barat.

“Pembangunan rumah sakit itu pasti akan segera dilaksanakan. Informasi yang kami dapat, saat ini sedang dalam tahap tender karena pembangunan tersebut akan dilakukan oleh pihak ketiga yaitu pemenang tender,” terang Retno kepada Sumeks, belum lama ini.

Pihaknya berharap bisa secepatnya pembangunan rumah sakit dilaksanakan, mengingat banyaknya kebutuhan masyarakat akan fasilitas kesehatan. Selama ini, rata-rata pasien yang dirujuk dari puskesmas kalau tidak di rujuk ke RSUD kebanyakan mereka memilih rumah sakit yang ada di wilayah Bandung.

“Pembangunan RSUD di wilayah barat Sumedang diperlukan karena untuk mengkaper warga di dibeberapa kecamatan yang ada di wilayah barat. Seperti Jatinangor, Tanjungsari, Cimanggung, Sukasari dan Kecamatan Pamulihan,” terangnya.

Program pembangunan RSUD itu sudah mendapat respon langsung dari Presiden RI, Joko Widodo saat kunjungan ke Sumedang beberapa waktu lalu. “Sudah ada respon baik langsung dari Bapak Presiden soal pembangunan rumah sakit itu,” tandasnya.

Untuk di wilayah Cimanggung, kata Retno, saat ini sedang dilaksanakan pembangunan Puskesmas di Desa Cisempur dan Sawahdadap. Pembangunan sendiri dilaksanakan akhir tahun 2017 ini yang bersumber dari Dana Alokasi Kewilayahan (DAK).

“Masing-masing Puskesmas beranggaran khusus fisik Rp1, 4 milyar. Dana sebesar itu diluar lahan dan di luar alat kesehatan (alkes). Perencanaan pembangunan puskesmas sendiri sudah komperehensif dan semua sudah disiapkan termasuk ambulans dan alkes,”tutupnya.

 

 

 

Sumber : https://www.sumedangekspres.com