Dinkes Siapkan Ambulan Terapung di Bendungan Jatigede

by -22 views

Jatinangorku.com – Ambulan terapung untuk warga di sekitar Bendungan Jatigede disiapkan Dinas Kesehatan(Dinkes) Sumedang. Perahu ambulan itu disiapkan untuk membawa pasien warga sekitar bendungan yang sulit dijangkau dengan jalan darat menuju puskesmas atau rumah sakit.

Saat ini, warga dari lokasi genangan Jatigede banyak yang memilih tinggal di kawasan yang terpencil dan berada di dekat pantai bendungan. Jalan untuk masuk ke tempat tinggal warga ini cukup jauh dijangkau jika memakai jalan darat dan harus masuk ke jalan desa yang sempit.

Warga memilih tinggal di kawasan yang jauh itu karena harga tanah masih murah bahkan ada yang menggunakan tanah kas desa. Warga dari daerah genangan ini banyak yang tinggal di Sabeulit, Pangangonan Desa Jemah serta di Cipondoh, Desa Pawenang dan Ciboboko, Desa Mekarasih, Kecamatan Jatinunggal.

Kepala Dinkes, Agus Seksarsyah Rasjidi menyebutkan pihaknya sudah mengajukan bantuan ambulan terapung ke KementerianKesehatan di Jakarta. “Kami sudah memetakan wilayah pelayanan kesehatan di sekitar Bendungan Jatigede dan kalau bendungan sudah tergenang semuanya, ambulan terapung sudah siap dioperasikan,” kata Agus, Senin (22/2).

Menurutnya, ambulan terapung sudah diajukan dan kini tinggal menunggu datang ke Sumedang. “Kami juga harus memberikan pelatihan khusus ke tenaga medis yang ada di ambulan terapung ini,” kata Agus.

Disebutkan, ambulan terapung sangat dibutuhkan karena lokasi warga di sekitar Bendungan Jatigede itu lebih dekat menggunakan jalur air. “Ambulan terapung menjadi pilihan karena akan mempersingkat waktu tempuh dibanding harus membawa pasien memakai jalur darat yang lebih jauh untuk menuju puskesmas atau rumah sakit,” katanya

Sumber : http://jabar.tribunnews.com/