Dinkes Sumedang Sediakan 14 Ruang Laktasi

by -102 views

Dinkes Sumedang Sediakan 14 Ruang Laktasi

Jatinangorku.com – Melalui bantuan keuangan Kementerian Kesehatan 2012 lalu, Dinas Kesehatan Sumedang kini sudah dapat menyediakan 14 lokasi ruang laktasi yang tersebar di 14 kantor pemerintahan.

Ruang laktasi itu berada di Dinas Kesehatan, Kantor Setda Sumedang, RSUD Sumedang dan sisanya ada di 11 puskesmas Poned.

Ruang laktasi ini memang baru bertempat di kantor pemerintahan saja dan belum bisa diadakan atau dikerjasamakan di kantor swasta, seperti pusat perbelanjaan atau bank. Namun, penggunaan ruang laktasi ini boleh digunakan untuk karyawan lain yang berada di sekitar kantor pemerintahan.

“Ruangannya memang baru ada di kantor atau instansi pemeritahan saja, tapi tidak hanya karyawan pemkab saja yang boleh menggunakannya tapi karyawan lainnya yang berada di sekitar kantor boleh menggunakannya,” kata Nia Sukaeni, Kasi Kesehatan Remaja, Lansia dan Gizi di Dinas Kesehatan Sumedang, Senin (23/6/2014).

menurut Nia, ruang laktasi ini disosialisasikan juga ke masyarakat umum. Dia menjelaskan, bagi masyarakat yang membutuhkan ruang laktasi dapat mengunjungi 14 lokasi tersebut.

“Silakan datang ke 14 lokasi ruang laktasi ini jika memang dekat dengan tempat pekerjannya,” Nia.

Ruang laktasi ini dilengkapi dengan berbagai perlengkapan, seperti refrigerator, 10-20 buah pompa ASI, wastafel, sterilizer, penghangat, serta karpet, sofa, dan kipas angin agar proses pemompaan bisa nyaman. Semua kelengkapan ini satu paket yang merupakan pengadaan Dinkes Sumedang dari Kemenkes senilai ratusan juta rupiah.

Saat ini, Dinkes belum bisa mengadakan ruang laktasi selain di kantor pemerintahan. Meski demikian imbauan dan rekomendasi sudah disampaikan ke perusahaan swasta untuk mengadakan ruang laktasi namun belum ada respon. Padahal, karyawan setempat sudah banyak yang membutuhkannya

Sumber : http://www.inilahkoran.com/