Dinsosnakertrans Kab Sumedang Bina Mantan TKW dan PSK Saritem

by -33 views

Jatinangorku.com – Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsonakertrans) Kab.Sumedang, terus melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap puluhan mantan tenaga kerja wanita (TKW) dan pekerja sek komersial (PSK) Saritem, yang sudah pulan ke tempat kelahirannya.

Kepala Dinsosnakertrans Kab.Sumedang, Dr.Iwa Kuswaeri, Jumat (12/6/2015) di ruang kerjanya mengatakan, pemerintah berkewajiban untuk membina dan memantau perkembangan mantan TKW dan PSK yang tesebar disejumlah wilayah kecamatan.

Kebijakan itu dilakukan, mengingat mereka relatif rentan terpapar penyakit sek menular (PSM).

“Mereka yang kini tengah dalam pembinaan dan pemantauan, diantaranya dari mantan TKW ada 50 orang dan PSK Saritem 6 orang,” kata Iwa.

Menurutnya, meski begitu, khususnya terhadap para mantan TKW, pihaknya tidak bermaksud untuk menyudutkan atau menuduh. Tapi kebijakan itu, lebih kepada bentuk antisipasi.

Sehingga bila mana diantara mereka yang yang terpapar PSM yang mematikan seperti HIV, bisa segera ditangani. Karena pembinaan dan pemantauan terhadap mereka itu, menyangkut penyakit sekmenular dan penanggulanangnnya, maka dalam pelaksanaannya pihaknya menggandeng, lembaga swadaya masyakat (LSM) yang berkecimpung dalam masalah tersebut.

“Kita harapkan, ada kesadaran dan keterbukaan dari mereka. Sehingga PSM yang mereka derita, bisa secepatnya ditanggani dan tidak menular kepada orang lain, khususnya kepada suaminya,” tandasnya.

Sumber : http://www.galamedianews.com/