Dipertanyakan, Langkah ITB Tebang Pohon

by -186 views


JATINANGOR

Langkah Institut Teknologi Bandung (ITB) yang membabat ratusan batang pohon demi menata infrastruktur di kampusnya, Jatinangor, Kab. Sumedang, hingga saat ini masih dipertanyakan sejumlah kalangan, termasuk lembaga swadaya masyarakat (LSM).

Berdasarkan keterangan yang dihimpun “GM”, Selasa (13/11), mereka mempertanyakan pembabatan ratusan pohon tersebut. Selain tidak ada sosialisasi, pembabatan ratusan pohon tersebut juga merusak lingkungan. Pasalnya, pohon-pohon itu merupakan pelindung dan resapan air.

Sejumlah LSM yang gencar menyoroti penebangan pohon oleh pengelola ITB Jatinangor melalui pemborong di antaranya Komite Masyarakat Peduli Lingkungan (KMPL) Jabar dan Forum Rakyat Bersatu untuk Keadilan (Forrbeka) Kab. Sumedang.

Menurut pentolan KMPL, Apih Jaja Dipraja, pihaknya akan terus mempertanyakan dan melakukan upaya agar penebangan pohon di lahan kampus ITB Jatinangor segera dihentikan. Pasalnya, penebangan sekitar 700 pohon tersebut sebelumnya tidak disosialisasikan.

“Kita akan terus mempertanyakannya. Sebelumnya kita sempat meng-ontrog pengelola ITB Jatinangor. Sayang tidak direspons. Kita dengan sejumlah pihak, termasuk dengan LSM lainnya akan merapatkan barisan terkait penebangan pohon oleh pengelola ITB tersebut. Dengan berbagai cara, kita berusaha menghentikan penebangan pohon di ITB sebelum semua tatanan dipenuhi. Ini kan menyangkut lingkungan,” tandas Apih.

Diawali sosialisasi

Sebelumnya, Sitam Rasyid, pentolan LSM Forrbeka mengatakan, pihaknya sangat seharusnya pengelola kampus ITB Jatinangor sebelum menebang pohon terlebih dahulu harus diawali dengan sosialisasi kepada masyarakat sekitar, baik itu kepada RT, RW, aparat desa hingga kecamatan.

“Kami sangat memahami masalah penebangan pohon di lokasi proyek pembangunan kampus ITB. Namun, pihak ITB seharusnya melakukan sosialisasi dulu kepada warga Jatinangor sebelum ada penebangan. Memang, saya dengar pihak pengelola ITB Jatinangor belum melakukan sosialisasi,” kata Sitam.

Sementara itu, Humas Kampus ITB Jatinangor, Dewi Rupiani ketika dikonfirmasi “GM” mengatakan, terkait penebangan pohon di lahan kampus ITB untuk penataan dan pembangunan infrastuktur dan sejumlah bangunan sebelumnya pihaknya telah melakukan sosialisasi baik dengan masyarakat sekitar ataupun aparat setempat.

“Terus terang saja, sebelum kita membuka lahan untuk membangun infrastruktur jalan dengan cara menebang ratusan pohon, tidak asal tebang. Kami akan menanam pohon lagi. Sekali lagi, sebelum kita melakukan penebangan pohon, telah ada sosialisasi,” kata Dewi.

sumber : klik-galamedia