Disesalkan, Jembatan Jadi Tempat Pembuangan Sampah

by -51 views

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kab.Sumedang, Ir.Wowo Sutisna, menyesalkan dengan prilaku masyarakat, yang menjadikan jembatan sungai, sebagai tempat pembuangan sampah.

“Selama ini, beberapa jembatan sungai di wilayah Sumedang, seolah menjadi tempat pembuangan sampah yang dianggap strategis oleh sebagian masyarakat,” kata Wowo kepada klik-galamedia.com, Senin (20/10/14).

Prilaku masyarakat yang tidak terpuji itu, sangat merugikan. Pasalnya selain mencemari lingkungan, juga sampah yang dibuang kesana bisa menyumbat aliran air sungai.

“Masalah ini tentunya bukan tanggung jawab pihak BLH saja, melain sejumlah pihak harus ikut berpartisifasi untuk menyadarkan masyarakat, supaya tidak menjadikan jembatan atau aliran sungai, sebagai tempat membuang sampah,” ujarnya.

Menyikapi hal itu, pihaknya sudah berusaha untuk melarang masyarakat untuk tidak membuang sampah di area tersebut. Diantaranya dengan memasang tanda larangan dan patroli petugas kebersihan. Tetapi sejauh ini, hasilnya belum optimal. Apalagi, masyarakat yang membuang sampah disekitar jembatan dan aliran sungai itu dilakukan pada malam hari.

“Kita sudah melakukan berbagai upaya untuk menyadarkan masyarakat, agar tidak membuang sampah disekitar jembatan atau ke aliran sungai. Tetapi sejauh ini belum ada hasilnya. Terus terang, kita prihatin dengan kondisi seperti ini,” tandasnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/