Dishub Kominfo Akan Menata Tempat Parkir di Tepi Jalan

by -12 views

Jatinangorku.com – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishub Kominfo) Kab. Sumedang akan menata kembali parkir kendaraan di tepi jalan.

Penataan itu untuk mengurangi kemacetan kendaraan di wilayah Sumedang kota yang ditimbulkan akibat tidak teraturnya parkir kendaraan.

Penataan parkir kendaraan tersebut, khususnya di jalan protokol dari mulai Jalan Prabu Geusan Ulun sampai Jalan Mayor Abdurachman.

“Nah, kami yang membidangi masalah perparkiran akan berupaya mengurangi kemacetan itu dengan menata kembali parkir kendaraan di tepi jalan,” kata Kepala Dishub Kominfo Kab. Sumedang, Teddy Mulyono, di Sumedang, Selasa (16/6/2015).

Menurut dia, penataan parkir di tepi jalan, diantaranya meluruskan posisi tempat parkir searah jalur jalan. Perubahan itu, dari posisi sebelumnya miring.

Dengan perubahan posisi itu, bisa menghemat badan jalan yang dipakai lalu lintas kendaraan. “Kami juga akan menempatkan mana lahan parkir untuk mobil dan mana untuk sepeda motor supaya tidak campur aduk,” tutur Teddy.

Parkir di tepi jalan, lanjut dia, secara aturan diperbolehkan dengan berbagai pengaturan supaya terlihat rapi dan tidak menimbulkan kemacetan. Hal itu untuk memasilitasi parkir kendaraan konsumen yang berbelanja di toko di pinggir jalan.

“Parkir kendaraan muncul ketika ada penjualan barang dan jasa. Selain toko di pinggir jalan, juga para PKL (pedagang kaki lima) yang berjualan di atas trotoar dan badan jalan,” katanya.

Lebih jauh Teddy menjelaskan, upaya lainnya yakni mengintensifkan penerapan analisa dampak lalu lintas (amdal lalin). Berdasarkan amdal lalin, setiap pendirian toko di pinggir jalan, wajib menyediakan 20 persen lahannya untuk tempat parkir. Hal itu, seperti yang sudah diterapkan di sejumlah mini market dan super market atau mall.

“Contohnya, pembangunan Asia Plaza di Jalan Mayor Abdurachman. Kami sudah mewajibkan kepada pengusahanya untuk menyediakan lahan parkir dengan kapasitas jumlah kendaraan yang sudah ditentukan,” ujarnya.

Ditanya untuk toko di pinggir jalan yang sudah kadung tidak menyediakan lahan parkir, ia mengatakan, Dishub Kominfo sudah berkoordinasi dengan Satpol PP Kab. Sumedang dengan mengintruksikan kepada para pemilik dan pengusahanya untuk menyediakan lahan parkir.

Penyediaan lahan parkir tersebut, dilakukan dengan merenovasi sebagian bangunan tokonya untuk tempat parkir kendaraan konsumen.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Satpol PP agar toko yang tidak punya tempat parkir, harus membenahi bangunannya untuk menyediakan tempat parkir,” ucap Teddy.

Hal senada dikatakan sebelumnya oleh Kasatpol PP Kab. Sumedang Asep Sudrajat. Ia mengatakan, untuk toko yang tidak memiliki tempat parkir di sepanjang jalan protokol, harus mengorbankan sebagian bangunannya untuk tempat parkir kendaraan konsumen.

“Tokonya harus mundur lima meter ke dalam untuk tempat parkir. Kami sudah memberikan surat peringatan kepada para pemilik dan pengusahanya. Jika tidak mengindahkan peringatan tersebut, tokonya akan kami tutup,” ujar Asep menegaskan.

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/