DPRD Segera Gelar Sidang Pengangkatan Wakil Bupati Sumedang

by -47 views
DPRD Segera Gelar Sidang Pengangkatan Wakil Bupati Sumedang
DPRD Segera Gelar Sidang Pengangkatan Wakil Bupati Sumedang

DPRD Segera Gelar Sidang Pengangkatan Wakil Bupati Sumedang

Jatinangorku.com – Setelah berkonsultasi dengan Kemendagri, DPRD Sumedang memutuskan akan segera menggelar sidang pengusulan dan penetapan wakil bupati Sumedang Ade Irawan menjadi bupati.

Tindakan ini akan dilakukan DPRD secepatnya karena Kemendagri sudah menunggu hasil sidang tersebut. Selanjutnya, Kemendagri baru akan memproses hasil sidang tentang pemberhentian bupati Endang Sukandar yang disatukan dengan hasil sidang pengangkatan wakil bupati.

“Untuk sementara, dari hasil konsultasi tersebut kami akan menggelar sidang secepatnya untuk mengajukan usulan penetapan dan pengangkatan wakil bupati Sumedang menjadi bupati,” kata Ketua DPRD Sumedang Yaya Widarya, Rabu (4/12/2013).

Menurut Yaya, dalam konsultasi yang hanya dilakukan selama satu jam ini, Kemendagri akan mengeluarkan surat keputusan dengan dua diktum yaitu pemberhentian bupati dan pengangkatan wakil bupati. Untuk itu, DPRD mesti segera memprosesnya meski dibutuhkan berbagai musyawarah politik.

“Kemendagri meminta agar DPRD segera melakukan sidang pengangkatan wakil bupati karena tidak ada sesuatu pun yang menghambat. Surat keputusan pemberhentian terhadap Bupati Endang Sukandar melalui rapat paripurna DPRD beberapa waktu lalu tidak bisa diproses oleh kemendagri, kecuali sekaligus dengan surat keputusan pemberhentian wakil bupati dan pengangkatan wakil bupati menjadi bupati definitif,” jelas Yaya.

Mengenai materi konsultasi lainnya, yaitu isu kasus hukum Ade Irawan yang banyak dikeluhkan masyarakat, Kemendagri meminta DPRD untuk tidak terhalangi dengan isu yang tidak jelas. Selama tidak mengganggu pengangkatan wakil bupati, maka proses tetap dilanjutkan.

Menurut Yaya seperti yang disampaikan kemendagri, kasus hukum tersebut telah ada yang menanganinya dan biarkan diproses dengan aturan yang ada.

“Untuk kasus hukum sendiri kami tidak disarankan untuk menindaklanjuti atau menelusuri isu tersebut karena bukan tupoksinya, jadi kami akan memproses pengangkatan saja,” kata Yaya. 

Sumber : http://www.inilahkoran.com