Dua Jembatan Ambruk di Sumedang Akan Diperbaiki

by -90 views

Dua Jembatan Ambruk di Sumedang Akan Diperbaiki

Jatinangorku.com – Dua buah jembatan yang ambruk karena kondisi sudah usang dan rusak akan segera diperbaiki menyusul semakin memburuknya kondisi jembatan serta adanya tuntutan dari warga karena aktivitas perekonomian mereka terhambat.

Selama jembatan ambruk, warga menggunakan jalan alternatif lain yang lebih jauh dan lama.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Sumedang Adang Syamsudin membenarkan hal ini. Dinas PU sudah menjadwalkan perbaikan jalan akan dilakukan Juni ini, namun baru akan terealisasi Juli nanti.

“Realisasi perbaikan baru akan dilaksanakan Juli 2014 nanti, karena sebelumnya terkendala pencairan dana namun karena kebutuhan perbaikan mendesak kami terus berupaya,” kata Adang, Selasa (24/6/2014).

Dua buah jembatan yang akan diperbaiki adalah Jembatan Panyirapan di Desa Mekarjaya, Kecamatan Sumedang Utara dan Cipameungpeuk di Kecamatan Sumedang Selatan.

Akibat ambruk, warga jadi kesulitan beraktivitas meski pemkab membangun jembatan darurat untuk akses jalan kaki. Namun untuk kendaraan bermotor harus memutar ke arah lain.

Jembatan Panyirapan dibangun pada 1960 oleh tahanan politik pemerintah Indonesia. Jembatan ini ambruk pertengahan Desember 2013.

Beberapa kali pernah diperbaiki oleh TNI bekerjasama dengan warga namun tak bertahan lama. Jembatan ini menghubungkan Kandang dan Desa Mekarjaya yang mayoritas penduduk adalah pedagang.

Sementara Jembatan Cipameungpeuk menghubungkan dua desa di sebelah timur dan wilayah kota di sebelah barat. Aktivitas warga dia dua wilayah ini lebih tinggi karena beragam penduduk dan pekerjaan.

Jembatan Panyirapan diperbaiki dengan biaya dari APBD Sumedang dengan anggaran Rp 800 juta dan jembatan Cipameungpeuk sebesar Rp 4 miliar.

Sumber : http://www.inilahkoran.com/