Dua Mahasiswa Unpad Berangkat ke Indiana AS Pelajari New Media and Journalism

by -68 views

jatinangorku.com

Dua mahasiswa Unpad terpilih mewakili Indonesia dalam ajang Studi of United State University (SUSI) di negara bagian Indiana, Amerika Serikat, pada 22 Juni hingga 28 Juli mendatang. Dua mahasiswa tersebut ialah Dwiky Chandra Wibowo (FISIP), dan Nurul Asri Mulyani (Fikom).

Nervous pastinya, soalnya kita sendiri tidak menyangka bisa diterima menjadi peserta SUSI ini,” ujar Nurul dan Dwiki saat diawawancarai Humas Unpad, Rabu (29/05). Berbekal informasi sepintas mengenai kegiatan tersebut, Nurul dan Dwiki pun mengirimkan e-mail kepada Departemen Luar Negeri AS untuk mengetahui informasi lebih jauh tentang kegiatan ini.

“Dari Deplu AS-nya sendiri, informasi mengenai SUSI tidak digembar-gemborkan, kami disuruh mengirim email untuk informasi lebih lanjut. Alhamdulillah, setelah mengirimkan berbagai aplikasi lamaran, kami pun diterima,” ujar Dwiki.

Nurul dan Dwiki pun memilih mengikuti program New Media and Journalism dari 8 program lainnya yang digelar oleh SUSI, yaitu Civic Engagement, Comparative Public Policy, Global Environmental Issues, Public Policy and Government Leadership, Religious Pluralism in the United States, Social Entrepreneurship, U.S. History and Government, dan Women’s Leadership.

Nurul sendiri memilih program tersebut karena kedekatannya dengan ilmu komunikasi. Dalam program tersebut, Nurul dan Dwiki akan diberikan materi mengenai perkembangan media dan jurnalisme di Amerika Serikat, serta bagaimana komparasinya terhadap perkembangan jurnalisme di Indonesia. Selain materi, program tersebut juga akan melakukan studi banding ke kantor New York Times, Voice of Amerika (VoA), serta markas besar PBB di Washinton DC.

“Kita juga akan berkeliling ke beberapa kota seperti Indianapolis, Gettysburg, Washington DC, dan New York, sekaligus tinggal di rumah-rumah penduduk,” tambah Dwiki.

Adapun SUSI sendiri merupakan program jangka pendek yang digelar oleh beberapa lembaga akademik di AS yang mencakup program intensif akademik, wisata pendidikan,budaya, sosial , serta kegiatan pelayanan masyarakat lokal. Tujuannya untuk memberikan pemahaman yang luas mengenai budaya dan masyarakat AS.

Selain Dwiki dan Nurul, ada 7 delegasi lain yang mewakili Indonesia, yaitu Fitri Amelina (UI), Amelia (UNJ), Ahmad Novindri Aji Kusuma (Unla), Marsha Imaniara (Unpar), Megawati Irawan (Unhas), Melia Halim (UI), dan Yahya Zakaria (Institut Bahasa Asing LIA).

Keduanya pun berharap, dengan menjadi delegasi di SUSI akan memberikan banyak manfaat, khususnya bagi perkembangan Unpad. “Dengan mengikuti program new media and journalism, saya akan banyak mendapat materi baru mengenai perkembangan media dan jurnalisme di Amerika. Saya pun akan bagikan pengalaman tersebut kepada teman-teman di Fikom,” ungkap Nurul.

“Kalau saya, dengan mengikuti SUSI sekaligus menjadi ajang untuk mendapatkan informasi mengenai studi lanjut di USA,” imbuh Dwiki yang bercita-cita ingin studi di USA ini.*

Laporan oleh: Maulana / eh *

sumber: unpad.ac.id