Dukungan Masyarakat Akan Setengah Hati Jika Komunikasi Calon Gubernur Buruk

by -33 views

Dukungan Masyarakat Akan Setengah Hati Jika Komunikasi Calon Gubernur BurukPengamat Komunikasi Politik yang juga Direktur Lingkar Kajian Komunikasi Poltitik, Adiyana Slamet mengatakan, pada kontestasi Pilkada Gubernur Jawa Barat 2018, para bakal calon harus mampu merebut hati kader partai politik (parpol).

Pasalnya, kata dia, parpol merupakan salah satu saluran komunikasi politik. Para bakal calon gubernur tidak hanya selalu memikirikan jalinan komunikasi politik dengan DPP parpol. Bangunan komunikasi politik harus menyentuh basis partai yang paling bawah.

“Untuk Pilgub Jabar, fatsoen (sopan santun) politiknya telihat sudah tercerabut. Ada beberapa bakal calon yang teridentifikasi fatsoen komunikasi politiknya tidak baik,” ujar Adiyana kepada Tribun di Kampus Unpad Jatinangor, Jumat (28/4).

Menurut dia, ketidakbaikan fatsoen komunikasi politik tersebut dicirikan dengan adanya bakal calon gubernur yang langsung memilih jalan pintas ke DPP Parpol. Sedangkan bangunan komunikasi politik ke DPD Parpol di Jawa Barat dilewati begitu saja.

“Ini akan menyebabkan potensi dukungan dari grassroot (akar rumput) partai tidak solid. Akan ada bludek kominikasi politik nantinya. Lebih parahnya nanti akan ada dukungan setengah hati dari para kader parpol di level grassroot,” katanya