Dusun Pasirluhur Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor Dicanangkan sebagai Kampung KB

by

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Sumedang, dan Universitas Padjajaran (Unpad), mencanangkan Dusun Pasirluhur di Desa Cipacing, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, sebagai Kampung Keluarga Berencana atau Kampung KB.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Sumedang, Nasam, mengatakan, tujuan pencanangan kampung KB tersendiri adalah upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas masyarakat di Dusun Pasir Luhur.

“Kampung KB adalah ide Pak Jokowi pada 2016 saat berkunjung ke Cirebon, setelah diteliti adanya pembentukan Kampung KB, ini benar-benar bertujuan meningkatkan kualitas masyarakat,” kata Nasam di Desa Cipacing, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Kamis (13/12/2018).

Setelah dicanangkan sebagai Kampung KB, pemerintah desa harus melakukan upaya penguatan kelembagaan yang mana di dalamnya terdapat pengurus serta anggota dan memiliki program kegiatan.

Nasam mengatakan, program yang akan dilakukan oleh pihak desa atau kelembagaan KB di Desa Cipacing untuk meningkatkan kualitas masyarakat, di antaranya meliputi penguatan keagamaan, lingkungan, reproduksi, dan ekonomi.

“Terbukti, di Kabupaten Sumedang ada Kampung KB yang telah berhasil, sehingga pemerintah desa menganggarkan seperempat anggaran desa untuk kemajuan Kampung KB,” katanya.

Terkait program kerja di Kampung KB Dusun Pasirluhur, kata Nasam, sumber dana untuk kegiatan berasal dari anggaran desa dan dana dari Pemerintah Kabupaten Sumedang melalui DPPKB Sumedang.

“Bahkan di beberapa tempat pun sudah ada dari perbankan, Baznas, bahkan CSR dari perusahaan swasta,” katanya.

 

 

 

Sumber : http://jabar.tribunnews.com