Eksistensi ‘Si Kaki Delapan’ yang Semakin Populer dan Ternyata Memiliki Manfaat Banyak yang Terkandung di Dalamnya

by -277 views

 

Jatinangorku.com – Tentu saja bagi Anda penggemar makanan Jepang sudah tidak asing mendengar makanan yang bernama Takoyaki. Takoyaki ini merupakan makanan khas dari Jepang yang berbahan dasar ‘si kaki delapan’ ini. Tentu Anda sudah dapat menebak siapakah dia. Ya, tentu saja dia adalah gurita. Tidak hanya takoyaki saja, banyak makanan Jepang yang berbahan dasar gurita  contoh lainya adalah Chuka Idako dan Chuka Kurage. Tidak hanya Jepang saja yang memiliki makanan khas berbahan dasar gurita, masyarakat Korea pun mengkonsumsi gurita ini sebagai makanan khas negaranya, bahkan gurita ini dimakan secara hidup-hidup. Tidak mau kalah dengan Negara Korea dan Jepang, Indonesia pun ternyata memiliki makanan khas yang berbahan dasar gurita ini.

 

Eksistensi Mengkonsumsi Gurita di Indonesia

Bagi warga kota besar, gurita dikenal sebagai makanan khas dari Jepang maupun Korea yang biasa ditemukan di restoran Jepang maupun Korea. Namun bagi seorang petualang kuliner, gurita merupakan makanan khas yang berasal dari Pulau Weh, Aceh. Cara memakan gurita di Pulau Weh ini berbeda dengan dengan cara khas dari Jepang maupun Korea. Gurita di Pulau Weh ini diolah dengan cara di bakar layaknya sate. Sate ini biasanya dimakan dengan bumbu kacang ataupun dengan bumbu Padang. Dengan daging yang sedikit kenyal dan gurih berbalur bumbu kacang maupun bumbu Padang, sate ini menjadi santapan nikmat, tidak hanya nikmat tetapi memiliki beberapa manfaat tersembunyi di dalamnya.

 

Manfaat Gurita

Ternyata gurita ini memiliki beberapa manfaat yang tidak semua orang ketahui. Daging gurita yang memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga sangat baik baik Anda yang ingin mendapatkan protein yang tinggi tetapi rendah lemak. Gurita juga kaya akan mineral diantaranya adalah kalsium, fosfor, kalium, dan selenium. Tidak hanya mineral saja tetapi gurita juga mengandung vitamin A, B, vitamin C yang bermanfaat bagi kesehatan, serta merupakan sumber omega-3 yang mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan depresi.

Gurita juga mengandung taurin, yang merupakan asam organik yang bertindak sebagai antioksidan. Taurin juga mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol, sehingga dapat mencegah areteriosklerosis. Selain itu gurita merupakan sumber zat besi yang dapat membantu pembentukan sel darah. Walaupun banyak manfaat dari gurita jangan coba-coba memakan gurita dalam kondisi tidak segar karena gurita memiliki umur simpan yang sangat pendek, sehingga dapat mengakibatkan keracunan makanan. Selain itu bagi orang yang memiliki alergi terhadap makanan laut tidak disarankan untuk mengkonsumsi gurita

Oleh: Ilona Kiantoro