Ekspedisi Seram Safir Indonesia 2013 (SSI 2013)

by -76 views

thumbJatinangorku.com – Untuk kesekian kalinya, PMPR dan PG Mahatva kembali melakukan ekspedisi dan eksplorasi ke berbagai tempat di Indonesia. PMPR & PG Mahatva sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan ilmu kealamterbukaan memiliki aktifitas dasar yaitu kegiatan alam terbuka, peduli lingkungan, sosial dan budaya, dan pertanian praktis. Dalam perjalanannya yang sudah menginjak 19 tahun, PMPR & PG Mahatva akan melakukan Ekspedisi Seram Safir Indonesia 2013 (SSI 2013) di Taman Nasional Manusela, Kepulauan Seram, Maluku yaitu regional Indonesia timur yang direncanakan dilakukan pada tanggal 11 – 25 Agustus 2013.

Kegiatan Ekspedisi SSI 2013 ini adalah sebagai kelanjutan dari ekspedisi yang telah dilakukan sebelumnya yaitu Ekspedisi Tour De Sumatra pada tahun 2011 di regional Indonesia Barat tepatnya di T.N. Way Kambas, T.N. Kerinci Seblat, dan T.N. Bukit Dua Belas, dan Ekspedisi Sunda Lesser Island pada tahun 2012 di regional Indonesia Tengah tepatnya di T.N. Komodo dan T.N. Kelimutu.

Ekspedisi SSI 2013 ini memiliki tajuk “Identifikasi  Flora  Endemik  dan  Studi  Etnobotani  Suku  Alifuru  di  Taman Nasional Manusela, Kepuluan Seram, Maluku”. Kepuluan Seram Maluku merupakan salah satu bagian dari wilayah yang kita kenal dengan “Webber Line”, garis yang memisahkan sebaran perbedaan flora dan fauna di wilayah timur Indonesia. Dalam daerah ini terdapat Flora  endemik  yaitu flora yang hanya  bisa  tumbuh  dan ditemukan di  daerah tersebut. Selain itu, tim juga akan menggali kekayaan budaya suku Alifuru yang menarik untuk diekspos.

Harapan kedepannya, semoga ekspedisi SSI 2013 ini dapat menjadi pembuka jalan bagi para pemulia tanaman di Indonesia untuk bisa lebih menggali kekayaan di negeri sendiri yang bermanfaat bagi Pertanian Indonesia dan mengekspos kekayaan etnis budaya di Maluku dengan harapan agar Maluku dapat terus menjadi bagian dari kekayaan tanah air Indonesia. Rencananya, setelah kegiatan Ekspedisi ini berlangsung, secepatnya akan diadakan seminar hasil ekspedisi SSI 2013. Semoga kegiatan Ekspedisi ini berlangsung dengan lancar sesuai dengan rencana dan tim kembali dengan selamat.

Oleh : Noval (M.153.Badak Jawa)

 

 ssi 2013 FIX---