Empat Hal Penting yang Harusnya Jadi Prioritas Saat Kontrol Kehamilan

by -83 views

Empat Hal Penting yang Harusnya Jadi Prioritas Saat Kontrol Kehamilan

Jatinangorku.com – Pemeriksaan kehamilan secara rutin atau Antenatal Care (ANC) sangat disarankan bagi orang tua calon bayi agar kehamilan berjalan normal sekaligus mempersiapkan persalinan apabila terdapat gejala komplikasi.

“Pemeriksaan ini penting buat orang tua. Jika ada sesuatu yang salah dengan kehamilan, mereka dapat membuat keputusan yang tepat untuk menangani masalah tersebut,” ujar dr. Bramundito SpOG, Spesialis Kebidanan-Kandungan RS Pondok Indah, dalam bincang media di Ritz Carlton Pacific Place, Kamis (26/9/2013).

Masalah kehamilan yang dimaksud Bramundito antara lain komplikasi, pendarahan, hipertensi saat hamil atau preeklamsia, dan infeksi.

Oleh karenanya, dokter diimbau untuk senantiasa memberi seluruh informasi yang dirasa penting buat orang tua ketahui. Begitu pula orang tua harus turut aktif bertanya kepada dokter.

Berikut beberapa informasi penting yang berhak didapatkan orang tua dari dokter terkait seluk beluk kehamilan dan persiapan persalinan sebagaimana yang dipaparkan Bramundito:

– Informasi mengenai tempat yang aman untuk melahirkan

– Informasi mengenai rumah sakit bersalin yang bersih

– Pengenalan gejala-gejala komplikasi yang mungkin terjadi dalam masa kehamilan, seperti pendarahan, nyeri perut dan nyeri kepala hebat.

– Informasi di mana dan kapan bisa mendapatkan pertolongan apabila terjadi komplikasi atau ibu akan segera melahirkan.

Lalu, kapan saja orang tua, khususnya ibu hamil, harus melakukan pemeriksaan?

– lakukan pemeriksaan setiap empat minggu sekali sampai minggu ke-28.

– kemudian 2-3 minggu sekali sampai minggu ke-36

– Sesudahnya lakukan pemeriksaan setiap minggu. “Karena di trimester ketigalah risiko ibu hamil mengalami komplikasi lebih besar,” ujar Bramundito.

Dia juga menyarankan agar setiap kunjungan lakukan pengukuran tekanan darah, berat badan, protein dan glukosa urin, ukuran uterus, bunyi jantung janin, gerakan janin, kontraksi, pendarahan, dan pecah ketuban. 

Sumber : http://id.she.yahoo.com