Empat Materi Viking Jatinangor di Pengukuhan Angkatan ke-8

by
Sebanyak 32 anggota anyar Viking Jatinagor diberikan pedoman agar menjadi suporter yang jempolan dalam kegiatan pegukuhan di Kiarapayung, Jatinangor, Sabtu (21/7) lalu. Pada pengukuhan angkatan ke-8 ini mengangkat tema ‘Semangat Yang Tak Pernah Mati’.
 
Ketua Viking Jatinagor, Aris Philip mengatakan ada beberapa hal yang harus dimiliki di pribadi anggotanya tatkala mendukung Persib Bandung. Karena itu, dalam acara pengukuhan, para calon anggotanya diberikan materi sebagai bekal sebelum bergabung dengan salah satu distrik Viking Persib Club (VPC) ini.
 
Untuk materi pertama, Philip memberikan wawasan kepada para anggota anyar mengenai sepak terjang tim yang mereka favoritkan, yakni Persib Bandung. Dari mulai pengetahuan sejarah tim idolanya hingga pemain yang pernah bersinar bersama Maung Bandung masuk dalam bahasan.
 
“Materi ke satu pengetahuan persib secara umum mulai dari lahirnya Persib, legend Persib, tahun juara Persib. Minimal harus tahu sejarah nya,” ujar Philip, Senin (23/7).
 
Untuk materi kedua, pihaknya memberikan pengetahuan mengenai organisasi Bobotoh VPC. Sebagai anggota Viking Jatinangor, tentu harus mengenal lebih dalam organisasinya. Di mana VPC didirikan pada tahun 1993 lalu, di kawasan Jalan Kancra, Buahbatu, Kota Bandung.
 
Tak hanya sejarah VPC lahir, para peserta pengukuhan pun dimintai alasan mengapa tertarik bergabung dengan Viking Jatinangor. Dalam hal ini, salah satu pentolan VPC yakni Bob Napi yang memberikan materi.
 
Selain Bob Napi, beberapa pemateri perwakilan dari VPC pusat turut memberikan materi, seperti Papap, Rendra dan Gagan Pedro.
 
“Materi kedua pengetahuan umum Viking Persib Club sama mulai kapan berdiri mulai tanggal bulan tahun tempat awal mula Viking, dan siapa aja yang mendirikan sampe maksud dan tujuan mau bergabung ke Viking,” kata Philip.
 
Materi ketiga, pihaknya memaparkan sejarah Viking Jatinangor sebagai salah satu distrik VPC. Hal ini untuk mengenal lebih dakat dengan sesama anggota juga para pendiri. Diketahui, pada tahun 2018 inibViking Jatinangor sudah menapaki usia 17 tahun.
 
“Sedangkan di materi ketiga pengetahuan umum tentang Viking Jatinangor sama semua anggota baru atau pun lama harus tahu kapan berdiri dan siapa saja orang-orangnya,” paparnya.
 
Pemungkas, pada materi keempat, para peserta pengukuhan ditekankan mengenai kedisplinan. Itu agar bisa menjaga nama baik organisasi dan juga Maung Bandung.
 
Karena bukan tak mungkin, ketika sudah bergabung bertindak seenaknya. Karena itu Viking Jatinagor memiliki aturan khusus. Bahkan tak akan segan mencabut keanggotaan jika bengal.
 
“Ada aturan yang harus diikuti seperti harus menjaga nama baik Persib dan organisasinya yaitu Viking. Intinya poin ke empat klo dulu mah belajar PPKN nah di VIking Jatinangor juga sama dibangun kembali tentang PPKN,” pungkasnya