Empat Tokoh Jabar Ini Kunjung Jadi Pahlawan Nasional

by -22 views

Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus mendorong pengajuan pahlawan nasional dari Jawa Barat yang sampai saat ini belum mendapat persetujuan pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial. Tahun ini, Pemprov Jabar belum menambah pengajuan pahlawan asal Jabar untuk diakui sebagai pahlawan nasional.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengakui, meski demikian, pihaknya tetap menyiapkan nama-nama pahlawan yang akan dia‎jukan pada Kemensos.

“Yang terakhir pahlawan asal Jabar yang sudah dinyatakan sebagai pahlawan nasional yaitu Sjafruddin Prawiranegara, M Natsir, dan Abdul Halim. Mereka diajukan bersamaan dengan pahlawan dari provinsi lain,” kata Heryawan usai mempimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat, 10 November 2017.

Empat nama belum disetujui

Heryawan mengatakan, setidaknya terdapat empat pahlawan asal Jabar yang belum disetujui menjadi pahlawan nasional. Mereka adalah Inggit Ganarsih(istri Proklamator RI Soekarno), Ali Sadikin (mantan Gubernur Jakarta ), Lasminingrat (tokoh pendidikan Garut), dan K.H. Ahmad Sanusi‎ (ulama asal Sukabumi). Keempat tokoh ini terus didorong agar bisa disahkan sebagai pahlawan nasional.

“Ada beberapa yang diajukan tapi belum diterima mungkin karena syarat kurang. Tahun depan fokus dengan nama-nama yang belum lolos itu. Mungkin harus diperbaiki,” kata dia.

Diakui Heryawan, dari nama-nama yang diajukan tersebut, KH Ahmad Sanusi yang paling lebih dulu diajukan sejak 2010. Masih ada kesempatan tiga kali pengajuan. Namun Heryawan yakin KH Ahmad Sanusi maupun nama-nama lainnya bisa lolos karena tidak ada yang bermasalah.

“Kalau masalah administrasi tinggal diperbaiki, tidak ada yang fatal. Tidak ada masalah yang mengakibatkan tidak bisa diterima, entah itu dari naskah, maupun narasi kelengkapan,” ujar dia.

Sementara itu, usai memimpin upacara di Gedung Sate, Heryawan melanjutkan prosesi peringatan Hari Pahlawan 2017 untuk melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan di Jalan Cikutra Kota Bandung. Heryawan saat itu berziarah bersama rombongan SKPD Jabar, TNI dan Polri.

Di sana Heryawan selain mendoakan para pahlawan, juga menabur bunga di beberapa makam‎ pahlwan. Antara lain Abdul Muis, Douwes Dekker (Dr Setiabudi), mantan gubernur Jabar Aang Kunaefi, Mashudi, dan Yogie S Memet.

 

 

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com