Empat Tren Digital Enterprise Menurut McKinsey

by -23 views

Empat Tren Digital Enterprise Menurut McKinsey

Jatinangorku.com – Saat ini, banyak bisnis yang sudah merambah ke dunia digital. Ada yang sepenuhnya berkecimpung di dunia digital. Ada pula yang memanfaatkan media digital sebagai bagian dari strategi pemasarannya. Survei global McKinsey menegaskan bahwa banyak perusahaan saat ini yang memanfaatkan perangkat dan teknologi digital untuk bisnisnya, khususnya untuk membangun ikatan dengan pelanggannya.

datadigital 01 Empat Tren Digital Enterprise Menurut McKinsey

Survei yang melibatkan para eksekutif perusahaan ini menegaskan empat tren yang sedang terjadi di lanskap yang disebut digital enterprise tersebut. Pertama, tren penggunaan big data dan sistem analitik yang lebih maju. Kedua, digital engagement untuk pelanggan, karyawan, dan mitra bisnis. Ketiga, otomasi. Keempat, inovasi digital. Secara umum, survei ini menggali seberapa besar keterlibatan perusahaan dalam pemanfaatan teknologi digital untuk kepentingan bisnisnya.

Banyak dari responden mengatakan perusahaan mereka memanfaatkan teknologi digital untuk membangun hubungan dengan pelanggan secara lebih gampang dan intensif melalui kanal-kanal baru. Tidak sedikit juga dari mereka yang menjadikan digital customer engagement ini sebagai prioritas. Termasuk di sini, empat tren yang menjadi bahan utama pertanyaan survei tersebut.

datadigital 02 Empat Tren Digital Enterprise Menurut McKinsey

Sejumlah 56 persen responden mengatakan kertelibatan digital dengan pelanggan ditempatkan dalam daftar sepuluh besar prioritas perusahaan. Banyak responden yang mengatakan ada kemajuan dalam digital customer engagement yang diperoleh bila dibandingkan dengan tahun 2012.

Meski demikian, survei ini juga menunjukkan bahwa tingkat adopsi digital perusahaan untuk kalangan internal, seperti karyawan, pemasok, dan mitra bisnis masih tergolong lamban. Para eksekutif tersebut mengatakan perusahaan mereka sudah menggunakan media online untuk melakukan evaluasi karyawan dan memberikan umpan balik terkait manajemen perusahaan.

datadigital 03 Empat Tren Digital Enterprise Menurut McKinsey

Selain itu, para eksekutif menambahkan perusahaan mereka telah memanfaatkan data besar dan sistem analitiknya untuk menunjang pengembangan bisnis mereka, terutama untuk pengambilan keputusan, proses penelitian dan pengembangan, penentuan anggaran, dan prediksi bisnis di masa depan.

Sumber : http://the-marketeers.com