Empat Trik Mudah Agar Ruangan Tampak Luas

by -15 views

Empat Trik Mudah Agar Ruangan Tampak Luas

Jatinangorku.com – Tidak semua orang mampu membeli rumah besar, namun ada beberapa cara mudah yang dapat membuat apartemen tipe studio sekalipun jadi terlihat luas.

Dikutip dari laman Chatelaine.com, berikut ini beberapa tips desain yang membuat ilusi ruang sehingga ruangan Anda terlihat lebih luas.

Biarkan Cahaya Masuk
Makin banyak cahaya masuk, makin luas rasanya sebuah ruangan. Biarkan cahaya matahari masuk lewat jendela-jendela rumah. Gunakan lampu tambahan tanpa harus mengorbankan banyak ruang.

Cat ruangan dengan warna-warna cerah seperti putih, abu-abu terang, biru muda, dan kuning. Cermin juga akan memantulkan cahaya di sekeliling ruangan. Gantungkan cermin besar di tembok atau beberapa cermin kecil di atas rak.

Pandangan ke Atas
Pandangan mata ke atas membuat dinding terlihat lebih besar. Efek tersebut bisa didapat dengan menggantung poster di dinding sedikit lebih tinggi, atau buat focal point dengan menggantuk rak berisi pernak-pernik yang menarik. Anda juga dapat menggantung tirai dari langit-langit—bukan dari atas jendela seperti umumnya—atau bisa juga memasang rak buku tinggi dari lantai ke langit-langit.

Tetap Fokus
Pilihlah sofa berukuran besar, tapi bentuknya efisien atau karpet dengan warna dan motif mencolok. Titik fokus (focal point) seperti ini membuat ruangan lebih berbobot. Anda juga dapat membuat ruangan terlihat lebih besar dengan membuat titik fokus di dinding jauh dengan bayangan dramatis, wallpaper terang berpola, atau dengan karya seni yang menarik.

Rapikan
Ruang yang berantakan akan terlihat sempit. Untuk itu, jangan gunakan furnitur yang memiliki banyak pernak-pernik. Jika perlu, beli perabotan yang juga memiliki laci built-in untuk menyimpan barang-barang. Setiap aksesori harus dikumpulkan berkelompok, sehingga tidak membuat ruang berantakan dan terlihat lebih sempit.

Pastikan membuat jarak antar-furnitur dan area untuk berjalan. Hal ini akan memberikan kesan bahwa ruangan Anda cukup besar.

Sumber : http://www.rumah.com