Facebook Aplikasi Smartphone Paling Top di Asia Tenggara

by -15 views

Facebook Aplikasi Smartphone Paling Top di Asia Tenggara

Jatinangorku.com – Facebook, dapat dikatakan sebagai platform media sosial paling sukses di dunia, menduduki puncak peringkat aplikasi smartphone di Asia Tenggara. Demikian menurut data yang dirilis oleh Nielsen, perusahaan global terdepan penyedia informasi dan insights  atas apa yang konsumer tonton dan beli. Demikian rilis yang diterima redaksi Tribunnews.com, Sabtu (28/9/2013)

Peringkat Southeast Asia Top 10 Smartphone Apps, berdasarkan Nielsen Informate Mobile Insight yang mencakup Indonesia, Malaysia, Filipina dan Thailand, menggabungkan penetrasi dengan rata-rata waktu penggunaan per bulan untuk mengukur aplikasi yang paling disukai di wilayah tersebut.

Facebook menduduki peringkat tertinggi sebagai aplikasi smartphone paling disukai di tiga dari empat negara (Indonesia, Malaysia dan Filipina) dan menduduki peringkat nomor dua di Thailand setelah LINE, aplikasi pesan dari Jepang. Aplikasi populer lainnya di wilayah Asia Tenggara mencakup Google Play Store, Youtube dan LINE, yang termasuk dalam peringkat 10 besar di keempat negara tersebut. Aplikasi Gaming Candy Crush Saga muncul dalam peringkat 10 besar di keempat negara Asia Tenggara (Lihat Grafik 1).

Pemilik smartphone di Asia Tenggara menghabiskan waktu rata-rata sekitar tiga-perempat jam sehari untuk menggunakan aplikasi. Penggunaan aplikasi paling sering adalah di Malaysia (66 menit per hari), diikuti oleh Thailand (46 menit per hari), Filipina (41 menit per hari) dan Indonesia (40 menit per hari.

“Pentingnya aplikasi dan pengaruhnya  terhadap pasar mobile yang sangat kompetitif dewasa ini telah melonjak dalam beberapa tahun terakhir,” jelas Sagar Phadke, Direktur Nielsen Telecom and Technology Practice di Asia Tenggara, Asia Utara dan Pasifik.

“Pengguna smartphone di Asia sangat menyukai penggunaan aplikasi, dan jumlah pengguna aplikasi di Asia berkembang pesat, sehingga memberikan peluang yang luarbiasa bagi para brand marketers untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi untuk membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen,” katanya, lagi.

Sumber : http://id.berita.yahoo.com