FIAT Cari Peruntungan Lewat Mobil Perkotaan

by -67 views

FIAT Cari Peruntungan Lewat Mobil Perkotaan

Jatinangorku.com – KEGEMILANGAN FIAT dalam melakoni bisnis otomotif tidak selamanya mentereng. Di Indonesia, kendaraan beroda empat ini pernah mengibarkan bendera putih dan mundur dari pasar.
 
Pada masanya, belasan tipe mobil asal Italia itu berseliweran di jalan-jalan. Namun, makin maraknya mobil jepang pada pertengahan 1970-an, perlahan tapi pasti, kiprah bisnis FIAT di Indonesia berakhir.

FIAT pernah mencoba melawan dengan memasukan produk FIAT-UNO di pasar Indonesia pada tahun 1990-1994. Namun, kala itu sulit bersaing dengan Toyota Starlet, Daihatsu Charade dan Suzuki Forsa.

Padahal, FIAT menginjakkan kaki di Indonesia sejak 1907 lewat jalur perseorangan. Baru secara resmi melalui agen pemasaran di awal 1950-an. Belakangan, kehadiran merek tersebut terus meredup, selanjutnya berakhir secara resmi.

Kini, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, pergelaran pameran mobil terbesar di Indonesia yang bakal dihelat akhir minggu ketiga September, menjadi pertanda kembalinya FIAT. PT Garasindo Inter Global, agen tunggal pemegang mereknya yang juga menaungi Chrysler, Jeep dan Dodge, dikabarkan bakal memboyong FIAT 500 sebagai andalan.

Saat ini dikonfirmasikan, manajemen Grassindo bahkan belum mau mendahului informasi pameran. “Akan di informasikan secepatnya,” ujar Karim Rachman, Manajer Komunikasi perusahaan.

FIAT 500 terbaru sebenarnya merupakan mobil yang mengadaptasi desain Dante Giacosa FIAT 500 yang sempat populer pada tahun 1957 di Eropa. Desain yang unik dan mungil masih jadi ciri khasnya. Plus, sentuhan futuristik dan teknologi terkini.

Dari sisi keamanan, FIAT 500 generasi terbaru ini dibekali dengan Electronic Stability Control (ESP). Sebuah teknologi yang mampu meningkatkan kemanan pengendalian mobil dengan cara mendeteksi dan meminimalisasi kemungkinan terjadinya selip. Saat hilang kontrol, sistem ini membantu rem untuk mengendalikan mobil.

Masyrakat pecinta FIAT begitu gemas menanti kehadiran merek kesayangannya. Tak terkecuali pemilik mobil yang tergabung dalam Komunitas IndoFIAT.

“Ini jadi pengobat rindu. Komunitas pencinta FIAT akan menunggu luncuran terbaru FIAT di Indonesia,” tukas Fachri, anggota Komunitas IndoFIAt.

Sumber : http://id.berita.yahoo.com