Fikom Unpad Meraih Predikat The Best School of Communication

by -37 views

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjajaran (Unpad), Dadang Rahmat Hidayat mengatakan, perkembangan Fikom Unpadselama delapan tahun terakhir semakin maju. Hal itu merupakan suatu upaya yang tidak mudah sekaligus modal tersendiri bagi Fikom Unpad.

“Tahun lalu Dekan ke 9 Fikom Unpad yakni Prof. Deddy Mulyanalah yang menyampaikannya jika Fikom Unpad ini semakin maju,” ujar Dadang dalam pidatonya pada acara Dies Natalis Fikom Unpad ke 56 di Bale Sawala Unpad Jatinangor, Senin (26/9).

Menurut Dadang, dengan semakin majunya Fikom Unpad, maka akan menjadi tantangan bagi para dekan-dekan berikutnya untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkannya menjadi lebih baik lagi dalam skala nasional atau pun internasional.

Pada tahun ini, lanjut Dadang, adalah tahun yang dinamis dan menantang bagi Fikom Unpad ditandai dengan adanya perubahan struktur kelembagaan. Hal itu sebagai konsekuensi perubahan struktur ditingkat universitas.

“Struktur baru ini dapat dikatakan komplit. Kayandengan fungsi dan karya dalam mencapai tujuan lembaga. Walau pun dalam prosea sinkronisasi dan optimalisasi struktur itu menjadi tantangan tersendiri,” kata dia.

Dadang menuturkan, ada beberapa aktivitas dan peristiwa lain yang menjadikan Fikom Unpad menjadi lebih dinamis. Yang pertama, Fikom mendapat penugasan sekaligus kehormatan dimana salah satu program studi Ilmu Komunikasi berperan serta dalam penyelenggaraan pendidikan Multikampus di Pangandaran.

Yang kedua, lanjut dia, langsung disetujuinya tanpa syarat oleh Senat Akademik proposal pembukaan program studi Manajemen Produksi Media dalam jenjanh studi Sarjana Terapan. Bahkan langsung dibuka dengan peminat yang cukup tinggi dari pada prodi lainnya.

“Yang ketiga atas inisiatif dosen-dosen muda dan didukung pimpinan universitas mulai diluncurkan Media Center dengan nama Unpad Media Center sebagai Korporasi Akademik dibawah pengelolaan Fikom,” katanya.

Yang terakhir, kata dia, Fikom Unpad ditugaskan melalui program ASUP Jabar untuk berkonsentrasi melaksanakan kegiataan yang bersinergi dengan Pemda Kabupaten Bandung Barat. Hal itu untuk membantu dan mengembangkan berbagai program kegiatan di Bandung Barat.

Dadang menambahkan, meskipun rasio dosen saat ini belim ideal yakni sebanyak 115 dosen dengan jumlah mahasiswa yang mencapai 4006 orang, Fikom Unpad tetap menjalankan berbagi inovasi di bidang oembelajaran, riset dan oengabdian masyarakat.

“Fikom saat ini terdiri dari 9 prodi. Menyandang sebagai fakultas dengan prodi-prodi yanh sanat diminati dimana untuk tahun ini ada 29.773 calon mahasiswa harus bersaing untuk memperebutkan 860 temoat disemua prodi dan jenjang,” kata dia.

Selain itu, Fikom Unpad juga dinyatakan sebagai The Best School Of Communication selama 5 tahun berturut-turut. Dengan prestasi itu, maka Fikom Unpad harus menjadi bagian syukur dan mawas diri untuk tidak terkena karena berada di zona nyaman.