Fikom Unpad Raih Peringkat I Indonesia Best School of Communications 2013

by -140 views

Fikom Unpad Raih Peringkat I Indonesia Best School of Communications 2013

Jatinangorku.com – Universitas Padjadjaran meraih tiga piagam penghargaan dari Majalah Mix Marketing Communication sebagai salah satu universitas terbaik penyelenggara pendidikan ilmu manajemen dan komunikasi di Indonesia. Piagam diserahkan dalam acara penganugerahan, yang diselenggarakan Kamis malam (5/9) di Hotel Shangrila Jakarta.

Peraih-Penghargaan-Mix-Marketing-300x200
Dari kiri-kanan: Dekan Fikom Unpad, Prof. Deddy Mulyana, Manager Bidang Pendidikan dan Kerja Sama Internasional FEB Unpad, Dr. Diana Sari, Pembantu Dekan III Fikom Unpad, Dr. Aceng Abdullah, dan Pembantu Dekan I Fikom Unpad, Dr. Atwar Bajari saat menerima penghargaan dari Mix Marketing Communications, Kamis malam (5/9) di Hotel Shangrila Jakarta.*

Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad terpilih dan menduduki peringkat pertama  Indonesia Best School of Communications 2013 mengalahkan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terkemuka pemyelenggara pendidikan komunikasi lainnya. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unpad di peringkat ke-enam nasional Indonesia Best School of Management 2013, dan Unpad sebagai universitas terbaik ke-7 penyelenggara pendidikan komunikasi dan manajemen.

Menurut Pimpinan Redaksi majalah Mix Marketing Communications (Kelompok Media Swa) Kemal E Gani, pihaknya melakukan survey di lima kota besar (Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar dan Medan) dengan 2.100 responden siswa serta orangtuanya dan 155 perusahaan pengguna. Fikom Unpad terpilih sebagai Juara PertamaIndonesia Best School of Communications 2013untuk kategori PTN Berakreditasi A. Peringkat I Fikom Unpad dengan indeks Total 8.19 ini diikuti Jurusan Ilmu Komunikasi UI dengan indeks total 8.09, UGM (dengan indeks total 7.99), Unair (7.62), Undip (7.52), dan Universitas Bandar Lampung (6.75)

Seperti yang dilansir website resmi unpad, penghargaan bergengsi ini diterima oleh Dekan Fikom Unpad, Prof. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D., yang didampingi Pembantu Dekan I Dr. Atwar Bajari dan pembantu Dekan III, Dr. Aceng Abdullah, sedangkan FEB Unpad diwakili oleh Manager Bidang Pendidikan dan Kerja Sama Internasional FEB, Dr. Diana Sari,SE, M.Mgt.

Empat Tahun Berturut-turut

Menurut Dekan Fikom Unpad, Prof. Deddy Mulyana, selama beberapa tahun ini Fikom menjadi salah satu dari beberapa fakultas favorit bukan saja di Unpad, tetapi juga di Indonesia. Tahun ini Program Studi Ilmu Komunikasi menjadi program studi peringkat pertama dari 43 program studi tingkat S-1 di Unpad yang diminati calon mahasiswa, baik melalui jalur SNMPTN maupun SBMPTN.

Semua program studi di Fikom Unpad, mulai dari Program Diploma, Program Sarjana (Ilmu Komunikasi dan Ilmu Perpustakaan) hingga Program Magister Ilmu Komunikasi, memiliki Nilai Akreditasi A berdasarkan penilaian BAN PT Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pada tahun ini Program Magister Fikom Unpad bahkan menjadi satu-satunya Program Magister Ilmu Komunikasi dari 18 Program Magister Ilmu Komunikasi di seluruh Indonesia yang mendapatkan nilai A berdasarkan penilaian BAN PT ini.

”Fikom semakin internasional. Akademisi dari berbagai negara di seluruh dunia memberikan kuliah umum, seminar, dan mengajar hingga setahun di Fikom. Tahun ini sejumlah dosen Fikom menulis di beberapa jurnal internasional, beberapa dosen lainnya melakukan riset postdoctoral di Australia dan di Belanda, dan beberapa dosen lainnya menjadi pembicara di konferensi internasional di Rusia, Cina, Thailand, dan Turki. Beberapa doktor baru akan segera pulang dari Australia, Belanda, dan Perancis. Sementara beberapa dosen lain sedang dan akan studi doktoral di Inggris, Jerman, dan Belanda. Ini pencapaian terbaik Fikom dalam sejarahnya selama 53 tahun,”  ujar Deddy Mulyana.

Predikat Indonesia Best School of Communications ini, lanjut Deddy merupakan yang keempat kalinya sejak tahun 2010, artinya Fikom Unpad sudah empat tahun berturut-turut meraih prestasi versi majalah tersebut.*

Rilis oleh: Fikom Unpad / art