Gapura Kota Harus Jadi Ikon Budaya

by -56 views

Gapura Kota Harus Jadi Ikon Budaya

Jatinangorku.com – Keberadaan gapura yang merupakan sebagai batas administrasi secara fisik antar wilayah daerah, harus bisa menjadi ikon dan daya tarik wisata.

“Keberadaan gapura batas wilayah sangat penting sebagai penanda batas sekaligus penanda masuk ke dalam suatu wilayah atau sebaliknya. Untuk menunjukkan jati diri Kabupaten Sumedang, maka gapura batas wilayah kabupaten harus berdiri di wilayah Kabupaten Sumedang dengan corak yang menunjukkan ikon budaya Sumedang. Sehingga pada akhirnya dapat mejadi daya tarik wisata,” kata Asisten Pembangunan Kab.Sumedang, Ir.H.Dede Hermasyah M.Si, kepada “GM”, Rabu (30/4/14).

Untuk itu, Dede memandang keberadaan Gapura Batas Wilayah Sumedang di Kecamatan Jatinangor dan Kecamatan Tomo, harus segera direhab dan disesuaikan dengan konsep yang dapat merujuk pada ikon budaya Sumedang. “

“Gapura Batas Wilayah Barat dan Timur Sumedang, harus dibuat secantik dan menarik mungkin, serta mampu mewakili ikon budaya Sumedang. Dengan begitu, setiap orang yang memasuki wilayah Sumedang, akan langsung merasakan suasana yang lain,” tandasnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/