Gatot dan Yance Jadi Pimpinan Sementara DPRD Jabar

by -23 views

Gatot dan Yance Jadi Pimpinan Sementara DPRD Jabar

Jatinangorku.com -Sekretaris DPD PDIP Jabar, Gatot Cahyono ditunjuk menjadi Ketua sementara DPRD Jabar periode 2014-2019. Dalam pimpin Jabar, Gatot ditemani Ketua DPD Golkar Jabar, Irianto MS Syafiuddin (Yance) selaku wakil ketua sementara DPRD Jabar.

Pemilihan pimpinan sementara DPRD Jabar itu tertuang dalam rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Jabar Pengucapan sumpah/janji anggota DPRD di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika Kota Bandung, Senin (1/9/2014).

Sekretaris DPRD Jabar, Ida Hernida menuturkan, pemilihan pimpinan DPRD Jabar ditentukan oleh partai pemenang. PDIP menduduki peringkat pertama dalam pemilu 2014 di Jawa Barat. Sementara Partai Golkar menduduki peringkat kedua.

“Pemilihan ketua dan wakil ketua sementara ini sudah sesuai dengan aturan. Partai pemenang mengajukan pimpinannya di DPRD Jabar. Yang menang adalah PDIP, yang kedua golkar,” tutur Ida seusai rapat paripurna.

Ida mengaku, Sekretariat DPRD Jabar sudah melayangkan surat kepada masing-masing partai untuk mengajukan siapa pimpinan dewan sementara. Sebelum pelantikan, pihaknya sudah mendapatkan pengajuan nama dari masing-masing partai.

“Kalau dari PDIP saya mendapatkan surat pengajuan nama pada 15 Agustus 2014. Setelah itu kita langsung membuat surat penetapan pimpinan sementara DPRD,” jelas dia.

Disinggung mengenai masa waktu pimpinan sementara DPRD, Ida mengatakan, mereka bertugas hingga terpilih pimpinan definitif. Menurut dia, pemilihan pimpimnan DPRD sudah ada proses yang terbentuk dalam Tatib.

“Setelah proses itu rampung, baru kita meminta pengesahan ke Mendagri. Waktunya enggak sampai sebulan kok. Setelah ada pimpinan definitif baru menyusun alat kelengkapan dewan,” tutur dia.

Disinggung mengenai anggota DPRD termuda dan tertua, Ida mengaku tidak punya data tentang itu. Pasalnya, aturan saat ini tidak menyebutkan yang tertua atau termuda.

“Kalau 2009 lalu aturannya yang termuda dan tertua. Kalau sekarang itu tidak. Makanya kami tidak ada datanya,” ucap dia

Sumber : http://www.inilahkoran.com/